Lapisan armor komposit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Plasan SandCat light (5t) military vehicle featuring integrated composite armoured body
Vehicle add-on armour kit manufactured by Composhield
The British Army's Challenger 2 main battle tank uses Chobham armour.
Ceramic-aramid composite laminate armour, ballistic test results
Ceramic tiles for the ATF Dingo
SICADUR silicon carbide tiles for vehicles (e.g. Mowag Piranha)

Armor komposit adalah jenis pelindung kendaraan yang terdiri dari lapisan bahan yang berbeda seperti logam, plastik, keramik atau udara. Sebagian besar armor komposit lebih ringan dari semua logam yang setara, tetapi menempati volume yang lebih besar untuk ketahanan yang sama terhadap penetrasi. Dimungkinkan untuk merancang baju besi komposit yang lebih kuat, lebih ringan dan lebih sedikit daripada baju besi tradisional, tetapi biayanya seringkali sangat tinggi, membatasi penggunaannya pada bagian kendaraan yang rentan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu mengalahkan proyektil anti-tank eksplosif tinggi (HEAT).

HEAT telah menjadi ancaman serius bagi kendaraan lapis baja sejak diperkenalkan pada Perang Dunia II. Ringan dan kecil, proyektil HEAT tetap dapat menembus ratusan milimeter dari pelindung baja paling keras. Kemampuan sebagian besar bahan untuk mengalahkan HEAT mengikuti "hukum kerapatan", yang menyatakan bahwa penetrasi pancaran muatan berbentuk sebanding dengan akar kuadrat dari kerapatan liner muatan berbentuk (biasanya tembaga) dibagi dengan akar kuadrat dari kepadatan target. Berdasarkan berat, target yang lebih ringan lebih menguntungkan daripada target yang lebih berat, tetapi menggunakan sejumlah besar bahan ringan memiliki kelemahan yang jelas dalam hal tata letak mekanis. Bahan tertentu memiliki kompromi optimal dalam hal kepadatan yang membuatnya sangat berguna dalam peran ini.[1][2]

Awal lapis baja komposit yang dikenal untuk kendaraan lapis baja dikembangkan sebagai bagian dari Angkatan Darat AS T95 seri eksperimental dari pertengahan 1950-an. T95 menampilkan "armor berinti silika" yang berisi pelat kaca silika yang menyatu di antara pelat baja yang digulung. Kekuatan penghentian kaca melebihi pelindung baja pada basis ketebalan dan dalam banyak kasus kaca lebih dari dua kali lebih efektif dari baja pada basis ketebalan. Meskipun T95 tidak pernah memasuki produksi, sejumlah konsepnya digunakan pada M60 Patton, dan selama tahap pengembangan (seperti XM60) armor berinti silika setidaknya dipertimbangkan untuk digunakan, meskipun itu bukan fitur dari kendaraan produksi.

Penggunaan luas pertama dari lapis baja komposit tampaknya telah di Soviet T-64. Itu menggunakan baju besi yang dikenal sebagai Combination K, yang tampaknya adalah plastik yang diperkuat kaca yang diapit di antara lapisan baja bagian dalam dan luar. Melalui mekanisme yang disebut thixotropy, resin berubah menjadi cairan di bawah tekanan konstan, memungkinkan armor untuk dicetak menjadi bentuk melengkung. Model T-64 selanjutnya, bersama dengan desain yang lebih baru, menggunakan agregat resin berisi boron karbida untuk perlindungan yang jauh lebih baik. Soviet juga banyak berinvestasi dalam baju besi reaktif, yang memungkinkan mereka beberapa kemampuan untuk mengontrol kualitas, bahkan setelah produksi.

Jenis baju besi komposit yang paling umum saat ini adalah baju besi Chobham, pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Inggris dalam tangk FV 4211 eksperimental, yang didasarkan pada komponen tangki Chieftain. Chobham menggunakan beberapa pelat baja reaktif non-eksplosif (NERA), yang mengapit lapisan elastomer (seperti karet) di antara dua pelat pelindung baja.

Semua tank tempur utama generasi ketiga modern menggunakan susunan lapis baja komposit dalam konstruksinya. Sementara banyak dari kendaraan ini menampilkan lapis baja komposit yang terintegrasi secara permanen dengan kendaraan, MBT Tipe 10 dan Tipe 90 Kyū-maru Jepang, Leclerc Prancis, Karrar Iran, Altay Turki, Arjun India, Ariete Italia, dan Tipe 96/98 China dan tank Tipe 99 menggunakan armor komposit modular, di mana bagian dari armor komposit dapat dengan mudah dan cepat diganti atau ditingkatkan dengan modul armor. Adopsi desain armor komposit modular memfasilitasi peningkatan dan pertukaran armor yang jauh lebih efisien dan lebih mudah.

Tank tempur utama Soviet/Rusia seperti T-90 T-80 U dan Type 96/99 China menggunakan lapis baja komposit bersama-sama dengan lapis baja reaktif eksplosif (ERA), sehingga menyulitkan amunisi muatan berbentuk seperti proyektil HEAT dan hulu ledak rudal. menembus frontal dan sebagian dari armor samping mereka. Versi paling canggih dari armor ini seperti armor Relikt dan Kontakt-5 memberikan perlindungan tidak hanya terhadap muatan berbentuk tetapi juga penetrator energi kinetik dengan menggunakan kekuatan ledakan untuk memisahkan proyektil.

Armor applique juga telah digunakan bersama dengan armor komposit untuk memberikan peningkatan jumlah perlindungan dan untuk menggantikan susunan komposit yang ada pada kendaraan. Leopard 2A5 Jerman menampilkan modul lapis baja berkepala panah khusus yang dipasang langsung ke susunan komposit turret, meningkatkan perlindungan secara nyata di atas model 2A4 sebelumnya.

Armor komposit sejak itu telah diterapkan pada kendaraan yang lebih kecil, hingga mobil berukuran jip. Banyak dari sistem ini diterapkan sebagai peningkatan pada pelindung yang ada, yang membuatnya sulit untuk ditempatkan di seluruh kendaraan. Namun demikian, mereka seringkali sangat efektif; upgrade dengan armor keramik MEXAS ke M113 Kanada dilakukan pada 1990-an, setelah disadari bahwa itu akan menawarkan lebih banyak perlindungan daripada IFV yang baru dibangun seperti M2 Bradley.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Evaluation of Siliceous Cored Armor for the XM60 Tank Diarsipkan June 5, 2011, di Wayback Machine.
  2. ^ "UK Ministry of Defence : Army Board of Inquiry Report" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-10-26. Diakses tanggal 2016-07-06.