Lando I dari Capua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Lando I (meninggal tahun 861) merupakan Comte Capua dari tahun 843. Ia merupakan putra sulung dan ahli waris Landolfo si Tua. Seperti ayahandanya, ia mendukung Siconolfo dari Salerno melawan Radelchi I di dalam sebuah perang sipil yang memisahkan Benevento pada tahun 840-an.

Saat itu Lando yang di awal tahun 849, diminta oleh Kaisar Ludwig II untuk menengahi tuntutan dari dua penuntut dan mencari penyelesaian dari peperangan yang sedang berlangsung dimana pasukan Saracen dibawa ke Mezzogiorno. Di dalam partisi Ludwig, Capua terbentuk dari bagian Kadipaten Salerno, namun Lando tidak mematuhi atasannya Siconolfo dengan lama. Setelah itu, ia bersekutu dengan Adipati, Sergio I dari Napoli. Untuk memperkuat persekutuan, Lando menikahkan putra sulung keduanya, Landolfo, yang merupakan Gastald dari Suessula, dengan putri Sergio.

Masa kecil Pangeran Sicone dan Ademaro, Lando menguasai wilayah Salerno. Penduduk setempat Salerno memberi pengecualian terhadap pengaruh Capua yang sangat besar, dan Ademaro dipanggil oleh Guido I dari Spoleto untuk campur tangan atas namanya. Lando menjawabnya dengan bersekutu dengan Adipati Marinus dari Amalfi ke sisinya. Ia malah menikahkan saudaranya, Pandone dengan putri Marinus. Pada tahun-tahun berikutnya, Guido membalas dengan menguasai wilayah milik Landenolfo, Gastald Teano, saudara Lando, tetapi Lando sendiri keluar dengan selamat.

Pada bulan Mei 859, ekspedisi gabungan besar-besaran dari Salerno, Napoli, Amelfi, dan Suessula menyerang Lando. Lando sedang mengalami kelumpuhan pada waktu itu dan putranya, Lando II mengambil alih pasukannya untuk mempertahankan Capua. Ia mengalahkan tentara yang berperang melawan Capua di jembatan Teodemondo, jauh dari Volturno. Lando tidak bertahan lama dari kemenangan besar ini. Salah satu dari tindakan terakhirnya adalah, hubungan pernikahan lain. Saat ini Guaiferio, seorang bangsawan Salerno yang mencari suaka di Capua pada saat pemerintahan Adhemar. Guaiferio menikahi putri Lando, Landolaica, dan, setelah kembali ke Capua, ia merebut kekuasaan dengan dukungan rakyat.

Lando telah berpindah bertentangan dengan keinginannya, situs definitif Capua dari lokasi lama ke bukit baru Bellona, Campania tahun 856. Ia membangun biara di Teano dan kemungkinan meninggal tahun 861 (mungkin juga tahun 860). Ia meninggalkan istrinya Aloara dan lima orang anak: Lando (II), Landolfo (dari Suessula), Landenolfo, Pandone, dan Pietro.

Sumber[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Landolfo I
Comte Capua
843–861
Diteruskan oleh:
Lando II