Lando II dari Capua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Lando II, disebut Cyruttu merupakan Comte Capua, yang berkuasa selama enam bulan pada tahun 861. Ia merupakan putra sulung Lando I.

Pada bulan Mei 869, ekspedisi besar-besaran dari Salerno, Napoli, Amalfi, dan Suessula menyerang Capua. Lando I sedang mengalami kelumpuhan pada saat itu dan putranya Lando II mengerahkan pasukan untuk mempertahankan kotanya. Ia mengalahkan pasukan ekspedisi tersebut yang dipimpin oleh Cesario Console dan Gregorio III, putra Sergio I, di jembatan Teodemondo jauh dari Volturno. Cesario ditangkap dan kembali ke Capua dengan kemenangan. Peperangan itu menurut Erchempert, di mulai pada tanggal 8 Mei di perayaan Malaikat Mikhael, yang merupakan salah satu perayaan yang populer pada saat itu. Hal ini membuahkan pengaruh yang sangat jelas dari Erchempert (yang merupakan penduduk Lombardia) bahwa rakyat Lombardia harus mengalahkan pasukan Yunani suatu hari.

Lando meneruskan kekuasaan ayahandanya ketika meninggal, tetapi ia dipecat tak lama kemudian oleh Pandone yang merupakan pamandanya. Lando dikompensasikan dengan Caiazzo, namun ia memutuskan untuk memulihkan kekuasaannya. Ia menikahi keponakan Atanasio II dari Napoli, namun dengan persekutuan ini, ia tidak pernah memperoleh kembali kekuasaannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Lando I
Comte Capua
861
Diteruskan oleh:
Pandone