Landeshauptmann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Luis Durnwalder, Landeshauptmann Tirol Selatan 1989–2014

Landeshauptmann (feminin: Landeshauptfrau, jamak: Landeshauptleute) merupakan jabatan seorang kepala pemerintahan Länder Austria, serta provinsi otonom Italia Bolzano dan Trente.[1]

Di Austria, jabatan ini adalah otoritas pertama sebuah Länder dan karena itu telah diutamakan atas Landesamtsdirektor, direktur administrasi Land tersebut.

Di Wina, baik Land maupun komune, Landeshauptmann secara konstitusional menyandang gelar wali kota (dalam bahasa Jerman: Bürgermeister).

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Sejak periode modern awal, seorang Landeshauptmann awalnya menjabat sebagai gubernur di bawah seorang Pangeran Kekaisaran Romawi Suci atau Kaisar sendiri, terutama di wilayah Monarki Habsburg (seperti untuk Wilayah Mahkota Bohemia), kemudian juga di Kerajaan Prusia. Di Kekaisaran Austria, menurut Paten Februari 1861, gelar tersebut merujuk pada presiden majelis Landtag tanah mahkota Habsburg (disebut Landmarschall di Austria Hilir, Bohemia, dan Galicia), yang juga menjabat sebagai kepala administrasi provinsi. Pemerintahan Kerajaan-Kerajaan di Wina diwakili oleh Statthalter atau Landespräsident (gubernur).

Austria[sunting | sunting sumber]

Pada Austria modern, gelar ini digunakan kepala ekskutif pada sembilan negara bagian Austria, setara dengan posisi Ministerpräsident di negara bagian Jerman. Di luar Austria, gelar ini biasanya diterjemahkam menjadi "gubernur", namun seperti yang disebutkan di atas, fungsinya lebih mirip presiden-menteri atau perdana menteri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Duden; Definition of Landeshauptmann, in German. [1]