Lamellibranchia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lamellibranchia
Lamellibrachia
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumAnnelida
KelasPolychaeta
OrdoSabellida
FamiliSiboglinidae
GenusLamellibrachia
Spesies
Lamellibrachia luymesi, Lamellibrachia satsuma, Lihat teks

Lamellibrachia adalah sebuah genus cacing tabung yang berkerabat dengan sesama cacing tabung raksasa, Riftia pachyptila. Mereka hidup di rembesan dingin laut dalam, yang mana hidrokarbon (minyak dan metana) merembes keluar dari dasar laut, dan sepenuhnya bergantung pada simbion bakterial pengoksidasi belerang untuk mendapatkan nutrisi. Simbion mereka, gamaproteobakteri, membutuhkan sulfida dan karbon anorganik (karbon dioksida). Cacing tersebut mengekstrak oksigen terlarut dan hidrogen sulfida dari air disekitannya menggunakan bulu-bulu di kepalanya. Spesies-spesies yang hidup didekat rembesan juga dapat mendapatkan sulfida dari "akar"nya, yang merupakan sebuah cuatan tubuh pada bagian posteriornya, badannya dan tabungnya. Beberapa jenis hemoglobin dapat ditemukan di darah dan cairan koelomik untuk membawa beragam jenis komponen dan mengirimnya ke simbion mereka.[2]

L. luymesi menunjang bakterinya dengan hidrogen sulfida dan oksigen dengan cara mengambilnya dari lingkungan sekitar dan mengikatnya dengan sebuah molekul hemogobin terspesialisasi. Tidak seperti cacing tabung yang hidup di ventilasi hidrotermal, L. luymesi menggunakan sebuah cuatan badan posteriornya ("akar"nya) untuk mengambil hidrogen sulfida dari sedimen rembesan. Hewan tersebut juga dapat membantu penghasilan sulifda dengan cara mengeluarkan sulfat melalui akarnya ke sedimen dibawah agregasi.[3]

L. luymesi menjadi salah satu cacing tabung rembesan dingin yang paling umum diketahui, hidup di bagian utara Teluk Meksiko mulai dari kedalaman 500 sampai 800 m. Cacing ini dapat mencapai panjang lebih dari 3 meter. Cacing ini tumbuh dengan sangat lambat, dengan beberapa individu yang dapat hidup hingga lebih dari 250 tahun.[4] Mereka membangun sebuah habitat dengan keanekaragaman yang tinggi dengan membentuk kumpulan besar yang terdiri dari ratusan sampai ribuan cacing. Lebih dari 100 spesies hewan berbeda hidup di habitat ini, kebanyakan dari mereka hanya dapat ditemukan di kedalaman ini.

Meski kebanyakan cacing tabung vestimentifera hidup di laut dalam dibawah zona fotik, L. satsuma ditemukan di Teluk Kagoshima, Kagoshima, dalam kedalaman hanya 82 meter.[5]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lenka Nealova (2014). "Lamellibrachia". World Register of Marine Species. 
  2. ^ Rossi, Sergio; Bramanti, Lorenzo (2020). Perspectives on the Marine Animal Forests of the World. Springer Nature. hlm. 157. ISBN 9783030570545. 
  3. ^ Cordes, E. E.; Arthur, M. A.; Shea, K.; Arvidson, R. S.; Fisher, C. R. (2005). "Modeling the Mutualistic Interactions between Tubeworms and Microbial Consortia". PLOS Biology. 3 (3): e77. doi:10.1371/journal.pbio.0030077alt=Dapat diakses gratis. PMC 1044833alt=Dapat diakses gratis. PMID 15736979. 
  4. ^ MacDonald, Ian R. (2002). "Stability and Change in Gulf of Mexico Chemosynthetic Communities" (PDF). MMS. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2017-02-01. Diakses tanggal 2013-10-30. 
  5. ^ Miura, T.; Tsukahara, Junzo; Hashimoto, J. (1997). "Lamellibrachia Satsuma, A New Species Of Vestimentiferan Worms Bay, Japan". Proceedings of the Biological Society of Washington. 110: 447–456.