Lambang Kesultanan Utsmaniyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lambang negara Kesultanan Utsmaniyah
Coat of arms of the Ottoman Empire (1882–1922).svg
Detail
PemangkuSultan Abdul Hamid II
Digunakan sejak1882
Tanda kehormatanLima medali Penghargaan Utsmaniyah
Elemen lainCornupia, jangkar dan skala.
PenggunaanDinasti Utsmaniyah

Setiap sultan Utsmaniyah mempunyai monogram sendiri-sendiri yang dipanggil tughra yang berfungsi sebagai lambang negara. Lambang negara modern diinspirasi oleh lambang negara milik negara Eropa seperti Lambang Britania Raya yang diciptakan pada abad ke-19. Bentuk terakhir lambang Kesultanan Utsmaniyah disetujui oleh Sultan Abdul Hamid II pada 17 April 1882. Juga termasuk dua bendera: bendera Anatolia dan eyalet-eyalet Asia lainnya[1] yang mempunyai sebuah bulan sabit dan bintang dengan warna dasar merah dan bendera Rumelia[1] yang mempunyai tiga buah bulan sabit dengan warna dasar hijau.

Sebagian elemen grafik lambang Utsmani seperti bujur di tengahnya serta bulan sabit terbaliknya dan bintang adalah diedit semula di dalam lambang negara Republik Turki yang ada sekarang.

Desain[sunting | sunting sumber]

Lambang Utsmaniyah memperlihatkan cartouche yang terhias dan ditandai oleh tughra Sultan Abdul Hamid II. Cartouche juga diapit oleh berbagai elemen termasuk dua bendera: bendera Eyalet Anatolia dan eyalet Asia[1] lainnya dengan bulan sabit dan bintang, kemudian bendera hijau Eyalet Rumelia dihalangi oleh sebuah cornucopia. Dibalik bendera-bendera itu adalah berbagai senjata termasuk tombak. Tidak ada gambar binatang di lambang Utsmaniyah karena mengikuti peraturan Islami untuk tidak menggambar binatang.[note 1]

Lima medali tergantung di bawah lambang tersebut.

  • Tulisan pertama di dalam bahasa Arab "Abdul Hamid anak Abdul Majid, selalu menang": عبد الحميد بن عبد المجيد مظفر دائماً (Abdul Hamīd bin Abdul Majīd muẓaffar dāʾimā).
  • Tulisan kedua di bulan sabit yang besar dalam Bahasa Turki Utsmaniyah: المستند بالتوفيقات الربانية ملك الدولة العثمانية "el-Müstenidü bi't-Tevfîkâti’r-Rabbâniyye ed-Devletü’l-Aliyyeti’l-Osmâniyye" atau "al-Mustanidu bi't-Tawfiqāti'r-Rabbānīyah ad-Dawlatu'l-Alīyati'l-Utsmāniyah" yang berarti "Negara Utsmaniyah bergantung pada bimbingan dan bantuan Yang Maha Kuasa".[2]

Simbol[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah arti dari simbol-simbol dari lambang Utsmaniyah:

• Bendera hijau di sebelah kiri: Rumelia Eyalet

• Bendera merah di sebelah kanan: Elayet Anatolia dan elayet-elayet Asia.

• Sosok elips di tengah dan sorban di atasnya melambangkan dinasti Utsmani sebagai pemimpin atau khalifah seluruh umat Islam di Dunia.

• Bunga di sebelah kiri melambangkan Toleransi Utsmaniyah.

• Keseimbangan timbangan di sebelah kiri melambangkan keadilan Utsmani. Kitab-kitab di sebelah kiri di bawah timbangan adalah Quran dan kitab ahkam, melambangkan negara Islam.

• Senjata di kiri dan kanan melambangkan Tentara Utsmaniyah.

• Matahari melambangkan kebesaran negara Ottoman Medali hijau di Matahari dengan stempel sultan (Tughra) di dalamnya melambangkan dinasti Utsmaniyah yang agung.

• Bulan sabit hijau di bawah stempel sultan (Tughra) melambangkan bahwa negara Utsmaniyah adalah penjaga seluruh umat Islam Dunia.

• Mendali-mendali yang digantung melambangkan akar Negara Utsmaniyah dan budaya Turki.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "note", tapi tidak ditemukan tag <references group="note"/> yang berkaitan