La Clef du Royaume

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

La Clef du Royaume (judul asli: Oukoku No Kagi) adalah salah satu manga karya Kyoko Shitou yang diterbitkan sejak tahun 2003 di Jepang oleh Kadokawa Shoten Publishing Co., Ltd. Di Indonesia, manga versi bahasa Indonesia diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo sejak tahun 2006. Manga ini berakhir pada seri ke-6 (versi Indonesia).

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Buku I[sunting | sunting sumber]

Randle, salah satu kerajaan besar selain Celetes dan Rommle, kehilangan maharaja serta pangeran mahkotanya sekaligus. Kemudian, diumumkan sayembara pencarian "Kunci Kerajaan" untuk mendapatkan raja yang baru, karena pewaris utama, pangeran Astalion atau Asha, masih berusia 13 tahun. Asha dan putri Letticia sahabatnya ikut dalam sayembara itu, juga Duke Allen dan jenderal Baldous. Di tengah perjalanan, Asha yang ditemani jenderal playboy Badrias, bertemu dengan pria misterius bernama Gaius yang menginginkan tubuh dan jiwa Badrias sebagai ganti jika dia berhasil membantu Astalion naik tahta. Gaius ternyata memiliki kekuatan yang sangat hebat dan sepertinya mempunyai hubungan yang erat dengan misteri "Kunci Kerajaan".

Buku II[sunting | sunting sumber]

Dalam perjalanannya, Letticia menemui peramal pelajar rahasia dewa Eleazar yang menyarankan Letticia agar mencari cucunya, Ratna. Asha sendiri yang lebih dulu bertemu Ratna diajak untuk mempelajari suku naga di perpustakaan rahasia di istana Basileus, dan mengetahui beberapa rahasia mengejutkan. Badrias yang secara tidak sengaja bersua dengan Gaius justru diberitahu beberapa rahasia suku naga. Dalam sebuah pertempuran, Badrias tergores pedang yang telah diolesi rumput kuburan. Asha menjadi shock saat rumput itu tumbuh di tangan Badrias dan meramalkan bahwa hidup Badrias tinggal 2 bulan lagi. Seiyanus, jelmaan Naga Biru mencoba melenyapkan peserta sayembara ke-5, Athlon Fairheart, namun gagal karena moyang Athlon pernah meminum darah naga sehingga kebal terhadap sihir naga.

Buku III[sunting | sunting sumber]

Asha semakin giat belajar ilmu pedang dari Badrias, sementara dari Gaius dia diberitahu bahwa para pengendali naga bukanlah pahlawan tetapi manusia licik yang memanfaatkan kematian banyak manusia untuk bisa membunuh naga dan mengambil kekuatannya. Letticia yang merasa cemburu dengan kedekatan Alex dan Ratna ditemui oleh Gaius yang mengatakan bahwa dia merupakan manusia pilihan suku naga yang kelak akan menjadi pewaris tahta dan memberinya kunci dari menara tak terlihat. Asha kemudian bersua Athlon, dan Seiyanus sang Naga Biru menceritakan kepada mereka tentang manusia licik yang menjadi moyang para pengendali naga bernama Clavius Draconia dan muridnya yang pandai, Dales. Athlon semakin heran saat melihat lukisan tinggalan leluhurnya yang bergambar Clavius Draconia dan Dales ternyata wajah yang sama milik Gaius dan Seiyanus. Flashback, Winslot yang menyerang Lactice jatuh cinta dengan putri Mialein yang sebelumnya terpaksa meminta bantuan terlarang dari penyihir hanya agar dia tidak menjadi mempelai jenderal Baldous. Namun malang, Winslot-lah orang yang pertama menyentuhnya meski dia tahu orang pertama yang menyentuh Mialein akan meninggal, dan kutukan itupun akhirnya terbukti.

Tokoh-tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Astalion
    Panggilannya Asha, dia merupakan pangeran kedua dari kerajaan Randle, terpaksa memegang tampuk kerajaan pada usia 13 tahun karena ayah dan kakaknya pangeran Winslot gugur saat menyerbu kastil Orock. Sempat diragukan kemampuannya sebagai pewaris tahta, namun hal itu lenyap saat dia sendiri yang mampu menemukan 'kunci kerajaan' sebagai syarat menjadi pemimpin Randle berikutnya.
  • Yulius Badrias
    Dia biasa dipanggil Bad oleh orang-orang di sekitarnya, merupakan panglima dan jenderal terkuat kepercayaan mendiang pangeran Winslot. Periang dan cenderung playboy. Menjadi pelindung sekaligus guru pangeran Astalion setelah gugurnya maharaja dan pangeran Winslot.
  • Gaius
    Pria misterius yang mengikuti perjalanan pangeran Astalion dan Badrias mencari "kunci kerajaan". Pria ini sebenarnya adalah jelmaan naga bumi dari suku naga. Dia membuat perjanjian dengan Badrias untuk menyerahkan tubuh dan jiwanya jika Astalion berhasil menjadi raja.
  • Letticia
    Usianya sebaya dengan Astalion. Putri keturunan Audrin yang satu ini terkesan tomboy dan periang. Dia ikut sayembara mencari "kunci kerajaan" justru untuk menyemangati Astalion yang terkesan kurang berminat. Mempunyai barisan pelindung setia berjuluk prajurit Yuriki pimpinan Alex.
  • Athlon Fairheart
    Pemuda ini adalah keturunan Fairheart dari Allnus, keluarga yang moyangnya pernah meminum darah naga. Kharismatik dan adil, mempunyai wajah yang mirip dengan mendiang Winslot. Orang ke-5 yang masuk sayembara mencari "Kunci Kerajaan".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]