Lompat ke isi

L'Enlèvement d'Europe (Botero)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemerkosaan Europa
Koordinat40°27′51″N 3°34′15″W / 40.46417°N 3.57083°W / 40.46417; -3.57083
LokasiBandar Udara Internasional Barajas Madrid
PerancangFernando Botero
TipePatung mitologi, Seni publik
MaterialPerunggu

Penculikan Eropa (El Rapto de Europa) adalah sebuah patung monumental dari perunggu yang dibuat oleh seniman Kolombia Fernando Botero pada tahun 1992. Karya ini berada di Bandara Adolfo Suárez Madrid-Barajas.

Pada bulan Mei 1994, kota Madrid mengadakan pameran terbuka yang didedikasikan untuk Fernando Botero selama beberapa bulan[1]. Berlokasi di es, pameran ini menampilkan 21 karya dari pematung Kolombia tersebut[2]. Lima di antaranya kemudian tetap berada di Spanyol, termasuk El Rapto de Europa. Patung ini dibeli oleh perusahaan Aena, yang bertanggung jawab atas bandara-bandara penting di negara tersebut, dan ditempatkan di Bandara Adolfo Suárez Madrid-Barajas, antara area parkir dan terminal T1 kedatangan[1].

Terdapat dua replika lain dari patung ini: di Chicago dan di Medellín, kota kelahiran sang seniman[1].

Deskripsi

[sunting | sunting sumber]

Botero terinspirasi oleh adegan dari mitologi Yunani yang sering kali digambarkan dalam ikonografi Barat: penculikan Eropa oleh Zeus yang berubah bentuk menjadi banteng[1]. Tema ini dikembangkan dalam bentuk sastra dalam Metamorfosis karya Ovidius (II, 833 dan seterusnya).

Jika seniman lain menekankan aspek kekerasan dari penculikan tersebut, Botero lebih memilih untuk meredam drama adegan ini: Eropa, telanjang, mengadopsi pose yang ceria, hampir sensual, sementara Zeus tampak tenang dan percaya diri[1]. Bentuk-bentuk bulat dan volume lengkung, yang khas dari Botero, menambah kesan harmoni dari keseluruhan[1].

Landasan patung ini, yang terbuat dari beton yang dilapisi dengan plat perunggu, memiliki tanda tangan pematung di salah satu sisinya: Fonderia Mariani, Pietrasanta (Lu), Italia}}[1].

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b c d e f g « Rapto de Europa », situs monumentamadrid.
  2. ^ « Botero regala su Mujer con espejo », El País, 6 September 1994.

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Artikel terkait

[sunting | sunting sumber]

Tautan eksternal

[sunting | sunting sumber]