Kutu air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Untuk penyakit kulit di kelamin (dan sela-sela jari), lihat Tinea pedis.
Cladocera
Daphnia pulex.png
Daphnia pulex
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Subfilum: Crustacea
Kelas: Branchiopoda
Subkelas: Phyllopoda
Ordo: Cladocera
Latreille, 1829
Suborders

Kutu air adalah sebutan awam bagi sejumlah krustasea kecil penghuni air. Kutu air bukan serangga dan tidak hidup sebagai parasit, sebagaimana banyak kutu yang hidup di luar air. Secara taksonomi, hewan yang disebut kutu air termasuk dalam genera Daphnia (paling umum), Cyclops, Bosmina, dan Diaptomus. Kutu air merupakan bagian dari zooplankton.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kutu Air dalam istilah ilmiahnya adalah "Cladocera" (cla•doc•er•an: klə-dðs◜ər-ən) yg berasal dari dua suku kata bahasa Bahasa Yunani Kuno yaitu κλάδος (kládos) yg berarti branch atau tanduk, dan κέρας (kéras) yg berarti horn atau tanduk.[1]

Fisik[sunting | sunting sumber]

Kutu air berukuran panjang kurang dari setengah milimeter, sebagian besar panjang mereka pada kisaran 02–60 mm (0,08–2,36 in) , dengan pengecualian Leptodora, yg panjangnya dapat mencapai 18 mm (0,71 in) long.[2], dan pakannya adalah berbagai fitoplankton dan juga sisa-sisa makanan hewan lainnya (detritus).

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Evadne spinifera, salah satu jenis dari beberapa spesies cladocera.

Sebagian besar Cladocera hidup di air tawar , dengan hanya delapan spesies yang benar-benar hewan lautan.[3] Spesies lautnya kesemuanya ada di dalam famili Podonidae, dengan pengecualian genus Penilia.[3] Beberapa cladocera menghuni daun yg berguguran (serasah daun).[4]


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "Cladoceran". Webster's II New College Dictionary (edisi ke-3rd). Houghton Mifflin Harcourt. 2005. hlm. 211. ISBN 978-0-618-39601-6. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Forró
  3. ^ a b (Inggris) Denton Belk (2007). "Branchiopoda". Dalam Sol Felty Light; James T. Carlton. The Light and Smith Manual: Intertidal Invertebrates from Central California to Oregon [Invertebrata intermiten mulai dari California tengah sampai Oregon] (edisi ke-4th). University of California Press. hlm. 414–417. ISBN 978-0-520-23939-5. 
  4. ^ (Inggris) Rubbo, Michael J., and Kiesecker (2004). "Leaf litter composition and community structure: translating regional species changes into local dynamics". Ecology. vol.85 (9): 2519–2525. 

Referensi[sunting | sunting sumber]