Kupu-Kupu Kertas (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kupu-Kupu Kertas
Album studio karya Ebiet G. Ade
Dirilis1 Februari 1995
GenrePop, country, rock
LabelEGA Productions, Musica Studios, CMM Records
Kronologi Ebiet G. Ade
Seraut Wajah
(1990)Seraut Wajah1990
Kupu-Kupu Kertas
(1995)
Cinta Sebening Embun
(1995)Cinta Sebening Embun1995

Kupu-Kupu Kertas adalah album ke-13 yang dikeluarkan oleh Ebiet G. Ade, melalui perusahaan rekaman EGA Records pada tahun 1995. Ini adalah album pertama yang dikeluarkannya setelah sekitar 5 tahun menyepi dari dunia blantika musik Indonesia.

Dalam album ini, Ebiet berkolaborasi dengan 4 musisi handal, yakni Billy J. Budiardjo (sahabat lamanya), Erwin Gutawa, Ian Antono (gitaris God Bless & Gong 2000) dan Purwacaraka. Nuansa rock terdengar kental di lagu Kupu-Kupu Kertas karena sentuhan tangan Ian Antono, musisi rock legendaris. Lagu ini pernah menjadi soundtrack sinetron dengan judul yang sama. Karena lagu ini, Ebiet menyabet penghargaan Penyanyi Terbaik Anugerah Musik Indonesia pada tahun 1997.

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

Ada 11 judul lagu dalam album ini. Lagu andalan adalah Kupu-Kupu Kertas, yang disajikan dalam bentuk lengkap dan Minus One. Ada pula lagu lama Titip Rindu buat Ayah dan Camellia II, yang direkam secara "live" saat Ebiet berkonser di Malaysia. Saat itu, selain 2 lagu itu, Ebiet ada pula membawakan lagu Berita Kepada Kawan, yang dinyanyikannya duet bersama Mohamad Nasir bin Mohamad, tetapi lagu tersebut tidak ada dalam album Kupu-Kupu Kertas, melainkan dalam album Konser Akar (M. Nasir).

  1. Kupu-Kupu Kertas
  2. Ketika Duka Menyeruak
  3. Hidupku MilikMu
  4. Kosong
  5. Apakah Mungkin
  6. Kupu-Kupu Kertas (Minus One)
  7. Biarkanlah Hati yang Bicara
  8. Rinduku Menggumpal
  9. Rembulan Menangis
  10. Ingin Kupetik Bintang Kejora
  11. Titip Rindu buat Ayah (Live)
  12. Camellia II (Live)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]