Gong 2000

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
personel Gong 2000

Gong 2000 adalah grup musik beraliran Rock yang digawangi Ian Antono (gitar), Albert Wijaya, Yaya Moektio (drum), Harry Anggoman (keyboard), dan Donny Fattah (bass), dengan vokalis Ahmad Albar. Band ini didirikan pada awal 90-an.

Awal pembentukan[sunting | sunting sumber]

Kelahiran Gong 2000 sendiri tidak terlepas dari peran istri Ian Antono, Titiek Saelan yang mendorong suaminya membentuk semacam komunitas musisi yang dinamakan Bengkel Musik Gong. Komunitas ini dimaksudkan untuk membenahi kondisi musik di Indonesia, khususnya rock, dan sekaligus mencari solusi bagi musisi muda berbakat di jalur rock. Namun, yang bergabung dalam bengkel musiknya bukan hanya dari jalur rock, melainkan juga para musisi jazz, seperti Mates (bas), Indra Lesmana (kibor), Gilang Ramadhan (drum) dan Yuke Semeru (bass). Yuke Semeru Diarsipkan 2014-06-06 di Wayback Machine.

Gong 2000 tidak hanya berkolaborasi dengan grup tetapi juga para musisi dan penyanyi solo macam Nicky Astria, Ikang Fawzi, Iwan Fals, Gito Rollies dan Hari Moekti.

Pilihan vokalis jatuh pada Ahmad Albar karena dia dianggap vokalis terbaik dan paling tepat untuk Gong 2000 pada masa itu. Bisa dikatakan bahwa Gong 2000 adalah miniatur dari God Bless karena sebagian besar personelnya adalah juga personel God Bless.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]