Kunang Andries

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kunang Andries
Lahir 18 April 1976 (umur 41)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Pekerjaan Perancang perhiasan

Kunang Andries (lahir di Jakarta, 18 April 1976; umur 41 tahun) adalah salah satu perancang perhiasan terkemuka di Indonesia. Kunang Andries adalah putri pertama dari Andries Adnoes Sutan Makmur (pengusaha) dan Linda Spiro (perancang perhiasan). Seluk beluk dunia perhiasan tidaklah asing bagi Kunang karena sang kakek (Fritz Spiro) adalah salah satu pelopor industri perhiasan di Indonesia dan sang nenek adalah Joyce Spiro yang juga seorang perancang perhiasan terkemuka di zamannya. Namun ia tetap melanjutkan studinya ke negeri Inggris untuk mengambil jurusan jewellery design di Central Saint Martins College of Arts and Design di London.

Pada tahun 1998, wanita yang berdarah Belanda - Minang ini diberi kesempatan untuk bekerja di Mikimoto sebagai seorang perancang muda setelah menamatkan pendidikannya. Bersamaan dengan kariernya, Kunang melanjutkan studinya mengambil pengetahuan mengenai permata kepada Fellowship Gemmological Association di London (setaraf dengan GIA di Amerika Serikat). Setelah menamatkan studinya di Inggris, Kunang melanjutkan sepak terjangnya di Amerika Serikat.

Di San Francisco, Amerika Serikat, Kunang melanjutkan pendidikan S2 dan pada saat bersamaan ia memulai usahanya disana. Awalnya perhiasan yang dibuat oleh Kunang dapat ditemui di butik-butik sepanjang Fillmore Street di San Francisco.

Kunang memutuskan untuk kembali ke Indonesia pada tahun 2003 dan turut memajukan industri perhiasan tanah air.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • Sir John Cass Award, First Prize Winner in Enamel Design (1996)

Karier[sunting | sunting sumber]

  • Jewellery Designer, Mikimoto London, Inggris (1998)
  • Gemmologist, Johnson Co Jewellers, Palo Alto, Amerika Serikat (1999 - 2000)
  • Jewellery Designer, Firfli, Jakarta Indonesia (2003 - )

Pranala luar[sunting | sunting sumber]