Kuirasier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kuirasier Prancis (1809).

Kuirasier (bahasa Perancis: cuirassier,[1] diucapkan [kɥiʁasje]) adalah unit kavaleri yang dilengkapi dengan zirah dan senjata api, pertama kali diperkenalkan di Eropa pada akhir abad ke-15. Mereka merupakan pengganti kesatria berzirah penunggang kuda (knight) pada Abad Pertengahan.

Istilah kuirasier berasal dari bahasa Prancis, cuirassier yang berarti "orang yang memakai kuiras" (cuirasse), yaitu zirah lempeng yang dikenakan di dada mereka.[2] Pada mulanya kuirasier merupakan prajurit yang tampil sebagai kavaleri berzirah, seperti man-at-arms dan demilancer, yang telah meninggalkan pemakaian senjata ganjur atau lembing dan mengadopsi penggunaan pistol sebagai senjata utama. Kemudian pada abad ke-17, kuirasier menanggalkan zirah perut dan hanya memakai kuiras (zirah lempeng dada dan punggung), kadangkala memakai helm tempur. Pada zaman tersebut, pedang merupakan senjata utama para kuirasier, sedangkan pistol sebagai senjata kedua. Kuirasier mendapat posisi penting selama Peperangan era Napoleon dan terakhir kali diterjunkan pada awal Perang Dunia I. Sekarang kuirasier diterjunkan sebagai pasukan seremonial di sejumlah negara.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "cuirassier - definition of cuirassier by the Free Online Dictionary, Thesaurus and Encyclopedia". Thefreedictionary.com. Diakses 2012-06-17. 
  2. ^ Angus Konstam, William Younghusband (1996). Russian Army of the Seven Years War. Osprey Publishing. ISBN 1-85532-587-X. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]