Kuil Harimau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biksu yang sedang berjalan dengan harimau di Kuil Harimau

Kuil Harimau (Tiger Temple) atau Wat Pha Luang adalah kuil Buddha Theravada di barat Thailand yang didirikan pada tahun 1994 sebagai sebuah kuil dan suaka bagi hewan liar, beberapa di antaranya adalah harimau .

Kuil ini terletak di distrik Saiyok provinsi Kanchanaburi dekat dengan perbatasan Myanmar, berjarak skitar 38 km sebelah barat laut Kanchanaburi.

Harimau[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999 kuil ini menerima harimau pertama yang telah ditemukan oleh penduduk desa, tetapi akhirnya meninggal. Kemudian, beberapa anak harimau diberikan ke kuil dari waktu ke waktu, biasanya ketika ibu telah dibunuh oleh pemburu, orang lain yang ingin menyingkirkan harimau mereka "hewan peliharaan" atau mereka berada di bawah tekanan untuk melakukannya sebagai hukum dan kebijakan seputar menjaga spesies yang dilindungi menjadi lebih ketat. Pada 2007, lebih dari 21 anak panda telah lahir di kuil, dan jumlah harimau adalah sekitar 12 harimau dewasa dan 4 anaknya. Pada akhir Maret 2011 jumlah harimau yang hidup di kuil telah meningkat menjadi hampir 90 ekor.[1]

Harimau ini ditanggani oleh para biksu Thailand, relawan internasional dan staf lokal. Awalnya mereka akan berkeliaran bebas di daerah ini tetapi sekarang dengan meningkatnya pengunjung dan jumlah harimau yang duduk di ngarai mereka dirantai untuk alasan keamanan. Staf memandu pengunjung jika ingin mendekati, duduk bersama, dan meraba harimau ini.[2]

Wisatawan juga dapat mengamati dari jarak dekat sekitar 10 meter. Pengelola mengklaim biaya masuk untuk makan dan pemeliharaan, dan untuk mendanai pembangunan tempat perlindungan harimau yang lebih besar yang akan memungkinkan hewan untuk hidup di lingkungan alami.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kuil Harimau". 30 March 2013. 
  2. ^ Care for the Wild International, Retrieved 2012-07-22

Pranala luar[sunting | sunting sumber]