Kue jongkong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jongkong yang disajikan dalam mangkuk plastik

Jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung.[1] Jongkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional. Kue jongkong terkenal di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Sumatra dan Melayu. Kue jongkong ini terbuat dari bahan dasar dari campuran tepung beras dan tepung tapioka, dan memiliki tiga warna, yaitu putih pada bagian atas, hijau pada bagian tengah, dan coklat pada bagian bawah.[2] Jongkong juga memiliki perpaduan rasa berbagai bahan seperti kelapa muda, garam dan gula merah. Kue jongkong ini memiliki banyak variasi seperti, bubur sum-sum, jongkong lapis, dan jongkong ketan hitam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cara Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Belitung #2". Resep Masakan Internasional. 12 Desember 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-06-01. Diakses tanggal 30 Januari 2016. Kue jongkong ini merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. 
  2. ^ "Destinasi". Visit Bangka Belitung. Diakses tanggal 30 Januari 2016. Untuk tampilan, biasanya Kue Jongkong disajikan di dalam cup atau gelas, dibuat menjadi tiga lapis; lapisan bawah merupakan air gula merah, lapisan tengah berwarna hijau dan lapisan paling atas adalah yang berwarna putih.