Kuda nil kerdil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kuda nil kerdil
Pigmy Hippo 036.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Artiodactyla
Famili: Hippopotamidae
Genus: Choeropsis
Spesies: C. liberiensis
Nama binomial
Choeropsis liberiensis/Hexaprotodon liberiensis (Dipertentangkan)
(Morton, 1849)[2]
Subspesies

C. l. liberiensis
C. l. heslopi

Pygmy Hippopotamus range.jpg
Peta persebaran[1]

Kuda nil kerdil (Choeropsis liberiensis atau Hexaprotodon liberiensis) adalah hewan sejenis kuda nil yang berhbitat di rawa-rawa dan belantara Afrika Barat utamanya di Liberia. Populasi kecil kuda nil kerdil juga terdapat di Sierra Leone, Guinea, hingga Pantai Gading. Kuda nil kerdil termasuk hewan yang soliter dan kerap beraktifitas di malam hari. Oleh karenanya, mereka digolongkan sebagai hewan nokturnal. Kuda nil kerdil merupakan satu di antara dua spesies dari famili Hippopotamidae, yang lainnya adalah kuda nil, yang ukuran tubuhnya jauh lebih besar daripadanya. Sama seperti saudaranya, kuda nil kerdil termasuk hewan semi-akuatik, dan tergantung pada air untuk menjaga kelembaban kulitnya. Kuda nil kerdil dapat kawin atau melahirkan baik di darat maupun di dalam air. Kuda nil kerdil termasuk hewan herbivora.

Karena jumlahnya yang menurun, kuda nil kerdil termasuk hewan yang dilindungi di Liberia.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kuda nil kerdil memiliki beberapa ciri-ciri yang juga dimiliki oleh kuda nil, antara lain berupa kepala yang bulat, serta kaki yang gemuk dengan keempat kuku pada setiap kaki-kakinya, juga dua taringnya yang panjang. Namun, tinggi kuda nil kerdil hanya setengah dari tinggi kuda nil biasa, yaitu 75–100 cm (2,46–3,28 ft). Sementara beratnya hanya seperempat dari berat kuda nil biasa, denga berat 180–275 kg (397–606 lb). Kuda nil kerdil dapat bertahan hidup selama 30-55 tahun di penangkaran.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lewison, R. & Oliver, W. (IUCN SSC Hippo Specialist Subgroup) (2008). "Hexaprotodon liberiensis". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2008. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 24 Juli 2016.  Database entry includes a brief justification of why this species is of endangered.
  2. ^ "ITIS on Hexaprotodon liberiensis". Integrated Taxonomic Information System. Diakses tanggal 2004-08-11.