Kuadrat (alat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kuadrat adalah alat yang digunakan untuk menyelidiki susunan atau kepadatan populasi dalam suatu komunitas dalam suatu ekosistem tertentu, misalnya di halaman sekolah, kebun, padang rumput, dan sebagainya. Dapat juga digunakan (dipasang tetap) di suatu lapangan untuk mengamati suksesi atau perkembangan suatu populasi. Kegunaan utamanya adalah untuk mengambil cuplikan areal dengan luas tertentu dari suatu ekosistem.

Model kuadrat[sunting | sunting sumber]

  • Kuadrat. Alat ini terdiri dari 4 batang logam yang panjangnya 50 cm. Pada empat ujung batang itu terdapat ulir yang menghubungkan batang yang satu dengan batang yang lain yang dapat dibongkar pasang. Dengan demikian dapat dibentuk sebuah bujur sangkar yang luasnya 50 x 50 cm² dan dapat pula dilipat bila disimpan.
  • Kuadrat berjala. Alat ini terdiri dari 4 buah keping aluminium yang panjangnya 50 cm. Ujung-ujungnya dihubungkan dengan sekrup sehingga dapat dilipat menjadi satu berkas. Bagian tengah keping aluminium itu diberi lubang dengan jarak 10 cm. Melalui lubang-lubang tersebut dipasang tali yang menghubungkan berturut-turut lubang dari keping yang satu dengan keping yang didepannya sedemikian sehingga bila dipasangkan akan merupakan sebuah bujur sangkar yang luasnya (50 x 50) cm² dan tali tersebut akan membaginya lagi atas 25 buah bujur sangkar kecil yang luasnya masing-masing (10 x 10) cm². Kelebihan kuadrat berjala adalah dengan adanya bagian-bagian yang luasnya 100 cm², maka penaksiran luas penutupan oleh populasi tanaman akan jauh lebih teliti dan penaksiran ke dalam % juga menjadi lebih mudah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]