Kuadran di Washington, D.C.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Citra satelit berwarna USGS menampilkan Washington, D.C. tanggal 26 April 2012. Garis putih menandakan pembagian kuadran Washington yang terpusat di United States Capitol. Di sebelah barat Capitol terbentang National Mall yang tampak pada citra berbentuk persegi hijau. Kuadran Northwest adalah yang terbesar, terletak di utara Mall dan barat North Capitol Street.

Washington, D.C. secara administratif terbagi menjadi empat kuadran geografis tak serupa yang masing-masing dibatasi oleh arah ordinalnya dari medali yang terletak di ruang bawah tanah Capitol. Penamaan dan penomoran jalan, yang terpusat di Capitol, menyebar ke masing-masing kuadran dan menghasilkan sejumlah persimpangan jalan dengan nama yang sama di setiap kuadran. Awalnya, Distrik Columbia berbentuk persegi nyaris sempurna, bahkan Capitol tidak pernah menjadi pusat geografis teritori ibu kota. Akibatnya, kuadran-kuadran kota memiliki ukuran yang berbeda. Northwest memang agak besar, mencakup lebih dari sepertiga luas kota, sementara Southwest lebih kecil daripada sebuah permukiman dan pangkalan militer.

Northwest[sunting | sunting sumber]

"Northwest" (juga ditulis NW atau N.W.) terletak di sebelah utara National Mall dan barat North Capitol Street. Northwest adalah kuadran terbesar di kota ini, mencakup distrik bisnis pusat, Federal Triangle, The National Smithsonian Zoo, dan museum di sepanjang sisi utara National Mall, serta permukiman-permukiman seperti Petworth, Dupont Circle, Logan Circle, LeDroit Park, Georgetown, Adams Morgan, Embassy Row, Glover Park, Tenleytown, Foggy Bottom, Cleveland Park, Columbia Heights, Mount Pleasant, the Palisades, Shepherd Park, Crestwood, Bloomingdale, dan Friendship Heights.

Northeast[sunting | sunting sumber]

"Northeast" (NE atau N.E.) terletak di sebelah utara East Capitol Street dan timur North Capitol Street. Permukiman di Northeast meliputi Brentwood, Brookland, Ivy City, Marshall Heights, NOMA (North of Massachusetts) Pleasant Hill, Stanton Park, Trinidad, Michigan Park, Riggs Park, Fort Totten, Fort Lincoln, Edgewood, dan Woodridge, as well as much of Capitol Hill.

Southeast[sunting | sunting sumber]

"Southeast" (SE atau S.E.) terletak di sebelah selatan East Capitol Street dan timur South Capitol Street. Southeast DC terkenal karena tingkat kejahatannya yang paling tinggi di Distrik Columbia. Kuadran ini kaya akan sejarah budayanya, termasuk permukiman Capitol Hill dan Anacostia, Navy Yard, Marine Barracks, tepi Sungai Anacostia, Eastern Market, sisa-sisa benteng zaman Perang Saudara, St. Elizabeths Hospital, RFK Stadium, Nationals Park, dan Congressional Cemetery. Kuadran ini dibelah oleh Sungai Anacostia. Belahan baratnya disebut "Near Southeast" dan belahan timurnya disebut "River East". Banyak orang yang salah menyebut belahan timur sebagai Anacostia, meski nama tersebut hanya merujuk pada sepetak kawasan di sepanjang Martin Luther King Jr. Boulevard.

Southwest[sunting | sunting sumber]

"Southwest" (SW atau S.W.) terletak di sebelah selatan National Mall dan barat South Capitol Street dan merupakan kuadran terkecil di kota ini. Meski kasarnya setengah dari kuadran ini terletak di selatan Sungai Anacostia di Anacostia karena bagian selatannya hampir semuanya dijadikan Bolling Air Force Base dan Anacostia Naval Station, nama "Southwest" umumnya mengarah pada wilayah yang tersisa dekat pusat kota, sekitar satu mil dari Capitol.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]