Krokembus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Krokembus
Croquembouche wedding cake
Nama lainCroque-en-bouche, Pièce-en-Montée
JenisAdonan sus
SajianMakanan penutup
Tempat asalPrancis
Bahan utama[[Profiterol], coklat, karamel
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Krokembus atau croquembouche (bahasa Prancis: [kʁɔ.kɑ̃.buʃ]</link> ) atau croque-en-bouche adalah makanan penutup Perancis yang terdiri dari pastri lapis sus yang ditumpuk menjadi kerucut dan diikat dengan benang karamel . Di Italia dan Prancis, sering disajikan di pesta pernikahan, pembaptisan, dan komuni pertama .

Presentasi[sunting | sunting sumber]

Krokembus terdiri dari sus (biasanya berisi krim) yang ditumpuk menjadi kerucut dan diikat dengan gula pintal. Bisa juga dihias dengan kembang gula lainnya, seperti badam manis, coklat, dan bunga yang bisa dimakan. Terkadang dibalut dengan makaron atau genas .[1] [2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penemuan krokembus sering dikaitkan dengan Antonin Carême, [3] yang memasukkannya dalam buku masaknya tahun 1815 Le Pâtissier royal parisien, tetapi disebutkan sejak tahun 1806, dalam ensiklopedia kuliner André Viard Le Cuisinier Impérial, dan Antoine Beauvilliers ' 1815 L'Art du Cuisinier . Dalam ensiklopedia Viard dan teks-teks awal lainnya (misalnya karya Grimod de La Reynière, Néo-physiologie du gout ), ini termasuk dalam daftar entremet —hidangan rumit, gurih dan manis, yang disajikan di antara hidangan selama jamuan makan besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tacey Rosolowski, "Dessert time"" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-07-20. Diakses tanggal 2011-02-12. 
  2. ^ Croquembouche Delicious Magazine
  3. ^ The Chefs of Le Cordon Bleu (2012). Le Cordon Bleu Pâtisserie and Baking Foundations Classic Recipes. Cengage Learning. hlm. 79. ISBN 978-1439057179.