Kritola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kritola (bahasa Yunani Kuno: Κρίτολα, skt. 550 SM) merupakan seorang putri Yunani Libya Cyrenaica dan ibu kotanya Kirene dan berasal dari Battiadae. Ia adalah putri Arkesilaos I, raja kedua Cyrenaica, dan ibundanya tidak diketahui. Kakek paternalnya adalah Battos, raja pertama Kirene, dan saudaranya Battos II akan menjadi calon raja Kirene. Kritola adalah bibi paternal dan ibu mertua calon raja Kirene Arkesilaos II.

Sedikit yang diketahui tentang Kritola. Menurut Plutarkhos, ia terkenal dengan martabatnya yang besar dan sangat dihormati oleh seluruh warga. Kritola menikah dengan seorang bangsawan Kirene Yunani, namun namanya tidak diketahui. Anak pertamanya adalah seorang putra bernama Polyarkhos dan anak bungsunya adalah putri tunggalnya bernama Eryxo. Plutarkhos menyatakan bahwa Kritola oleh suaminya memiliki putra-putra lainnya, namun para sejarahwan tidak menyebutkan nama mereka. Eryxo akan menjadi ratu Kirene dan kemudian ibunda calon raja Kirene Battos III.

Suaminya pada sekitar tahun 550 SM dibunuh oleh Learkos, saingan keponakannya Arkesilaos II. Suami Kritola telah tiada beberapa saat sebelum Eryxo dan Polyarkhos merencanakan untuk membunuh Learkos, yang juga telah membunuh Arkesilaos II. Ketika Learkos dibunuh, cucunya Battos III diumumkan raja oleh Polyarkhos.

Kritola mendukung Polyarkhos yang melakukan perjalanan untuk meminta maaf kepada Firaun Mesir Amasis II untuk menyelamatkan Cyrenaica. Plutarkhos menyatakan bahwa ia masih hidup saat Battos III (bertakhta 550 SM-530 SM) menjadi raja dan juga menyatakan bahwa ia adalah seorang wanita tua.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]