Kriovolkano

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ganesa Macula (di satelit Titan) mungkin merupakan kubah kriovolkano.

Kriovolkano (dalam bahasa sehari-hari disebut gunung berapi es) adalah gunung berapi yang mengeluarkan volatil seperti air, amonia, atau metana, dan bukan lava.[1] Substansi yang dikeluarkan oleh kriovolkano secara kolektif disebut kriomagma,[1] yang biasanya cair, tetapi dapat pula berada dalam bentuk uap. Setelah letusan, kriomagma berkondensasi menjadi padat ketika terpapar di suhu yang sangat rendah. Kriovolkano biasanya terbentuk di satelit ber-es dan mungkin benda langit bersuhu rendah lainnya (seperti objek sabuk Kuiper).

Energi yang dibutuhkan untuk mencairkan es dan menghasilkan kriovolkano biasanya berasal dari friksi pasang surut. Ada kemungkinan juga endapan materi beku dapat menghasilkan efek rumah kaca di bawah permukaan yang akan mengakumulasi panas yang diperlukan.

Kriovolkano pertama kali diamati pada Triton, bulan Neptunus, ketika Voyager 2 melewatinya pada tahun 1989.[1]

Observasi[sunting | sunting sumber]

Asap Enceladus, yang memberi makan Cincin E Saturnus, tampaknya muncul dari "Garis-garis Harimau" di dekat kutub selatan.

Pada 27 November 2005, Cassini memotret geiser di kutub selatan Enceladus.[2]

Bukti tidak langsung dari aktivitas kriovolkano diamati di beberapa bulan es lain di Tata Surya, termasuk Europa, Titan, Ganimede, dan Miranda. Cassini telah mengamati beberapa bukti yang dianggap sebagai kriovolkano di Titan, terutama terletak di kawasan Doom Mons dengan Sotra Patera yang berdekatan. Kawasan ini dianggap sebagai "bukti terbaik topografi vulkanik mana pun yang didokumentasikan pada bulan es."[3] Kriovolkano adalah salah satu proses yang dihipotesiskan sebagai sumber metana yang ditemukan di atmosfer Titan.[4]

Pada tahun 2007, pengamatan yang dilakukan oleh Observatorium Gemini menunjukkan bercak hidrat amonia dan kristal air di permukaan salah satu bulan Pluto, Charon, yang menunjukkan adanya kriovolkano atau kriogeiser aktif.[5][6] Pengamatan selanjutnya oleh New Horizons pada tahun 2015 menemukan bahwa Charon memiliki permukaan yang baru terbentuk, yang memperkuat ide ini. Pluto sendiri memiliki dua bukti yang telah diidentifikasi sebagai kemungkinan kriovolkano, yaitu pegunungan dengan puncak berlekuk.[7]

Pada tahun 2015, dua titik terang yang berbeda di dalam kawah planet kerdil Ceres dicitrakan oleh pesawat ruang angkasa Dawn, yang mengarah ke spekulasi tentang kemungkinan adanya kriovolkanik.[8]

Cryovolcanism on Enceladus
Satu skema yang mungkin untuk kriovolkano di Enceladus 
Asal metana kemungkinan dapat ditemukan dalam asap melalui lautan di permukaannya 
Komposisi kimiawi dari asap di Enceladus 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Darling, David (ed.). "Cryovolcanism". Internet Encyclopedia of Science. 
  2. ^ Chang, Kenneth (12 Maret, 2015). "Suddenly, It Seems, Water Is Everywhere in Solar System". Diakses tanggal 12 Maret, 2015. 
  3. ^ "Cassini Spots Potential Ice Volcano on Saturn Moon". NASA, 14 Desember, 2010
  4. ^ Media Relations Office: Cassini Imaging Central Laboratory For Operations (2009). "Cassini Finds Hydrocarbon Rains May Fill The Lakes". Space Science Institute, Boulder, Colorado. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Agustus 2011. Diakses tanggal 4 Maret 2015. 
  5. ^ "Charon: An ice machine in the ultimate deep freeze". Gemini Observatory. 2007. Diakses tanggal 18 Juli, 2007. 
  6. ^ Cook; Desch, Steven J.; Roush, Ted L.; Trujillo, Chadwick A.; Geballe, T. R.; et al. (2007). "Near-Infrared Spectroscopy of Charon: Possible Evidence for Cryovolcanism on Kuiper Belt Objects". The Astrophysical Journal. 663 (2): 1406–1419. Bibcode:2007ApJ...663.1406C. doi:10.1086/518222. 
  7. ^ Witze, A. (09-11-2015). "Icy volcanoes may dot Pluto's surface". Nature News. doi:10.1038/nature.2015.18756. Diakses tanggal 09-11-2015. 
  8. ^ O'Neill, I. (25 Febuari 2015). "Ceres' Mystery Bright Dots May Have Volcanic Origin". Discovery Communications. Diakses tanggal 1 Maret 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]