Kowak-malam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kowak-malam
Black-crowned night heron, Nycticorax nycticorax
Klasifikasi ilmiah
Superfamili:
Genera

3, see text.

Kowak-malam adalah kuntul berukuran sedang, 58–65 cm, dalam genera Nycticorax, Nyctanassa , dan Gorsachius . Nama genus Nycticorax berasal dari bahasa Yunani yang berarti "gagak malam" dan mengacu pada kebiasaan makan kelompok burung ini yang sebagian besar terjadi di malam hari, dan suara gagak yang seperti suara gonggongan, kicauan kowak-malam yang paling terkenal adalah kicauan kowak-malam abu .[1]

Bangau dewasa adalah bangau berleher pendek, berkaki pendek, dan gagah dengan bulu utama berwarna coklat atau abu-abu, dan, sebagian besar, mahkota berwarna hitam. Burung muda berwarna coklat, berbintik putih. Setidaknya beberapa taksa Mascarenes yang telah punah tampaknya masih mempertahankan bulu remaja pada burung dewasa.

Kowak malam bersarang sendiri atau berkoloni, di atas tiang di sekelompok pohon, atau di tanah di lokasi terlindung seperti pulau atau alang-alang. 3–8 butir telur diletakkan.

Kowak malam berdiri diam di tepi air, dan menunggu untuk menyergap mangsanya, terutama di malam hari. Mereka terutama memakan ikan kecil, krustasea, katak, serangga air, dan mamalia kecil. Pada siang hari, mereka beristirahat di pepohonan atau semak-semak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jobling, James A. (2010). The Helm dictionary of scientific bird names : from aalge to zusii. London: Christopher Helm. ISBN 9781408133262. OCLC 659731768.