Koto Bangun, Kapur IX, Lima Puluh Kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Koto Bangun
Nagari
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Barat
Kabupaten Lima Puluh Kota
Kecamatan Kapur IX
Luas -
Jumlah penduduk -

Koto Bangun merupakan salah satu nagarisetingkat Kelurahan di Kota, yang Terdapat di Kapur IX yang terletak sangat strategis karena terletak di tengah-tengah dari nagari lainnya. sebelah barat dan timur berbatasan dengan Nagari Durian Tinggi, Nagari Sialang dan sebelah Utara berbatasan dengan Muara Paiti.

Nagari Koto Bangun sebelum menjadi nagari merupakan gabungan dari tiga buah desa yaitu desa Pulau Sialang, desa Kampung Tengah, dan desa Kampung Baru. Sejak di galakkan program kembali ke Nagari maka ketiga desa ini di gabung menjadi Nagari Koto Bangun yang terdiri dari tiga Jorong yaitu Jorong I (Pulau sialang), Jorong II (Desa Simpang) dan Jorong III (Kampung Baru)

Di nagari Koto Bangun Ini sedang di Bangun Pasar terbesar di Kapur IX yang di lengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, los pedagang sebanyak 4 unit, Mushollah, Panggung hiburan, Gedung Serba Guna dll.

Nagari Koto Bangun dipimpin oleh seorang Wali Nagari Defenitif sejak tahun 2009 yang bernama Zarul Kasmi. dia adalah seorang pribumi dari Jorong I Pulau sialang. Dia dibantu oleh beberapa orang staf yaitu ARIYANTO ( Sekretaris nagari ), Mery Seswita Bendahara nagari, dan beberapa orang Kaur seperti : Alirman, Tanti dewita, Nusrizul, dan tiga orang perpanjangan tangan di jorong yaitu Hendri ( wali jorong I ),