Kotež

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kotež
Котеж
Koordinat: Lua error in package.lua at line 80: module 'Module:ISO 3166/data/RS' not found.
Negara Serbia
KotaBeograd
Kota prajaPalilula
Zona waktuUTC+1 (CET)
 • Musim panas (DST)UTC+2 (CEST)
Kode area telepon+381(0)11
Plat mobilBG

Kotež (bahasa Serbia: Котеж) adalah salah satu kawasan di kota Beograd, ibu kota Serbia. Kawasan ini terletak di kota praja Palilula.

Kotež terletak di wilayah Banat di tepi utara saluran Kalovita. Kawasan ini berbatasan dengan Dunavski Venac di utara, Blok Sutjeska di timur dan Partizanski Blok di tenggara.

Awalnya kawasan ini dimaksudkan sebagai perluasan wilayah Krnjača di barat. Kawasan ini dibangun di sebelah barat jalan Zrenjaninski put yang menghubungkan kota Beograd dengan Zrenjanin. Pada masa itu kawasan ini terletak di "antah berantah", sehingga permukiman ini berbentuk segi delapan, tetapi semenjak tahun 1980-an permukiman ini meluas dan akhirnya kini bentuk segi delapan tersebut menjadi inti dari wilayah perkotaan yang tidak memiliki bentuk khusus.

Kawasan ini merupakan kawasan permukiman. Jumlah penduduknya mencapai 7.287 jiwa pada tahun 2002.

Pada awal tahun 2000-an, Kotež mulai dikenal di seluruh Serbia akibat perkembangan musik hip hop di kawasan ini dengan munculnya grup seperti Prti Bee Gee, Bad Copy, Bitcharke na travi, serta penyanyi-penyanyi solo seperti Ajs Nigrutin dan Timjah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]