Kota Bintang, Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 55°52′50″LU 38°06′38″BT / 55,880585°LU 38,110542°BT / 55.880585; 38.110542

Kota Bintang

Rusia

Lokasi di Rusia

Olbast Moskwa

Lokasi di Obslast Moskwa

Kota Bintang (bahasa Rusia: Звёздный городо́к, Zvyozdny gorodok[1]) merupakan nama populer dalam bahasa Indonesia yang diberikan pada sebuah tempat yang mempunyai fasilitas pelatihan kosmonot era Soviet, awalnya dikenal hanya sebagai Unit Militer 26266 atau в/ч 26266. Tempat ini dipilih karena berdekatan dengan Moskwa serta infrastruktur lainnya yang sangat penting jika digunakan seperti Pangkalan Udara Chkalovsky serta stasiun kereta api Yaroslavl.[2]. Awalnya merupakan sebuah daerah yang amat lebat dengan berbagai radar serta beberapa infrastruktur yang ada.

Dokter Militer Kolonel Yevgeny Karpov diangkat sebagai pemimpin pertama dari pusat pelatihan kosmonot pada tanggal 24 Februari 1960.[3] Bagian dalamnya merupakan pemukiman bagi sekitar 250 personel yang dibagi dalam berbagai departemen yang bertanggung jawab untuk pengembangan semua aspek dari program luar angkasa mulai dari peralatan untuk kesejahteraan kosmonot. Hal ini termasuk dalam spesialisasi dalam pertukaran panas serta kebersihan, pakaian kelangsungan hidup, operasi, dan pelatihan staf. Awalnya calon kosmonot bertempat di dekat Pusat Lapangan Terbang Frunze (Moskwa) yang berdekatan dengan sebuah blok apartemen di Chkalovsky[4] sebelum akhirnya pindah ke apartemen baru yang dibangun di sebuah tempat dimana mereka akan tinggal bersama keluarga mereka pada seluruh tempat pelatihan.

Sekarang merupakan tempat dari Yuri Gagarin Cosmonauts Training Center (GCTC). Tempat ini sekarang ditutup oleh pemukiman jenis Urban dari gorodok Zvyozdny. Kosmonot dari Russian Federal Space Agency serta sebelum program ruang angkasa Soviet telah aktif dan dilatih di Kota Bintang sejak tahun 1960-an.

Di era Soviet fasilitas tersebut merupakan instalasi yang dijaga sangat rahasia dari seluruh negara dan dunia. Kosmonot Rusia Umum sejak dulu dan sekarang serta Pusat Pelatihan Personel hidup di Kota Bintang dengan keluarga mereka. Fasilitas lainnya ialah memiliki kantor pos sendiri, SMA, toko, penitipan anak/TK, film teater, sarana olah raga dan rekreasi, stasiun kereta api dan sebuah museum perjalanan ruang angkasa dan eksplorasi manusia. Transportasi udara tersedia yang sebetulnya berasal dari dekat Bandara Chkalovsky.

Pada musim panas tahun 1992, "Duta Sains Muda Amerika" yang disponsori oleh People to People International adalah pengantar di Kota Bintang di mana mereka diperlakukan untuk presentasi dengan kosmonot Anatoly Artsebarsky. Pada pertengahan sampai akhir 1990-an, sekelompok siswa memilih SMA di Kota Bintang Rusia untuk berpartisipasi dalam Program Pertukaran Budaya Amerika. Siswa pertama kemudian mengunjungi rekan-rekan Amerika untuk menghadiri lima sekolah tinggi di Distrik Sekolah Tinggi Pusat Sewanhaka di Long Island, New York. Anjing ruang angkasa Laika juga dikenang melalui sebuah patung di Kota Bintang.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Pelayanan transportasi berupa 380 bus dan taksi yang berhenti di dekat pos pemeriksaan yang berada di perbatasan antar kota dan stasiun kereta api yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam waktu singkat.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Kota Bintang mempunyai kota kembar yakni Nassau Bay di Texas, Amerika Serikat.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Star City merupakan nama lokasi dalam bahasa Indonesia. Namun, звёздный adalah nama yang sebenarnya dan городок adalah singkatan dari город, dengan ditambah kata "kota", menjadi Kota Penuh Bintang untuk terjemahan yang lebih tepat lagi.
  2. ^ Burgess, Colin; Hall, Rex. The First Soviet Cosmonaut Team: Their Lives, Legacy and Historical Impact. hlm. 30. 
  3. ^ Burgess, Colin; Hall, Rex. The First Soviet Cosmonaut Team: Their Lives, Legacy and Historical Impact. hlm. 29. 
  4. ^ Burgess, Colin; Hall, Rex. The First Soviet Cosmonaut Team: Their Lives, Legacy and Historical Impact. hlm. 30. 
  5. ^ Nassau Bay, TX, situs resmi kota. http://www.nassaubay.com/sister_city.htm

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]