Korban penebus salah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Korban penebus salah (bahasa Ibrani: asham "kesalahan, pelanggaran"; plural ashamot), juga disebut dalam bahasa Inggris sebagai guilt offering atau tresspass offering (KJV, 1611) atau "korban penebus pelanggaran", merupakan jenis persembahan korban dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, khususnya korban dibuat sebagai kompensasi pembayaran untuk pelanggaran-pelanggaran yang tidak disengaja. Ini berbeda dari  korban penghapus dosa.

Alkitab Ibrani[sunting | sunting sumber]

Korban penebus salah diamanatkan dalam Imamat, pasal 5 sampai 7, di mana referensi dibuat untuk menebus "dosa" atau "dosa-dosa". Dalam bahasa Yunani Septuaginta, frasa yang digunakan adalah persembahan korban peri tes plemmeleias (περὶ τῆς πλημμελείας).

Di tempat orang menyembelih korban bakaran, di situlah harus disembelih korban penebus salah, dan darahnya haruslah disiramkan pada mezbah itu sekelilingnya.

— Imamat 7:2, TB

Pelanggar menyediakan tak bercacat untuk pengorbanan di Bait Suci di Yerusalem, serta (dalam kasus dosa-dosa terhadap barang-barang kudus, pencurian, komisi penipuan atau sumpah palsu) moneter kompensasi kepada korban untuk kerugian mereka, ditambah mark-up 20%[1] dari nilai untuk menutupi imam laba.[2] Restitusi moneter itu seharusnya diberikan dalam mata uang pra-pengasingan (syikal kudus), bukan mata uang dari waktu, sehingga menimbulkan kebutuhan untuk pertukaran mata uang di Bait Allah (sehingga ada narasi dalam Perjanjian Baru mengenai Yesus dan para penukar uang).

Seperti pembayaran kompensasi yang diberikan pada kesempatan:[3]

  • melanggar hak-hak para imam untuk bagian-bagian dari kurban lainnya (disebut dalam teks sebagai Allah hal-hal yang kudus)
  • melakukan yang tidak diketahui dosa sebagai pelanggaran yang tidak pasti dan mungkin tidak terjadi sama sekali, ini adalah sukarela (hanya dalam kasus) dan tidak ada restitusi elemen
  • sumpah palsu dalam masalah tentang uang

Ini juga diberikan sebagai bagian dari proses pemurnian untuk Tzaraat.

Korban penebus salah disebutkan dalam 1 Samuel 6:3. Orang Filistin diberitahu oleh imam-imam dan peramal untuk membuat sebuah persembahan dari lima tikus emas dan lima borok emas dengan harapan mengakhiri wabah tikus dan wasir yang melanda mereka sejak mengambil tabut Allah dari Israel. Gambar-gambar dari tikus emas serta borok emas yang digunakan dalam persembahan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Imamat 5:16
  2. ^ Plaut, W. Guenter, ed. (1981). The Torah: A Modern Commentary. Union of American Hebrew Congregations. 
  3. ^ Wilson, Kevin A. (2006). Conversations with Scripture: the law. Morehouse Publishing.  "The final offering is the guilt offering, also called the restitution or reparation offering. ... Three cases are given in which a person had to offer a guilt offering: sinning against a holy item, committing an unknown sin, and swearing falsely in a matter concerning money."