Kontraksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kontraksi (dalam linguistik) adalah pemendekan suatu kata, suku kata, atau gabungan kata dengan cara penghilangan huruf yang melambangkan fon di dalam kata tersebut. Dalam tata bahasa tradisional, kontraksi dapat mengakibatkan pembentukan kata baru dari kata yang disingkat tersebut. Hal ini umum terjadi terutama untuk tujuan memudahkan dan mempercepat pengucapan suatu kata dalam percakapan sehingga terdengar lancar dan luwes. Meskipun sama-sama berbentuk penyingkatan dan dapat menghasilkan bentuk baru, kontraksi tidak boleh dikacaukan pengertiannya dengan akronim karena memiliki hasil bentukan yang berbeda.

Contoh Kontraksi[sunting | sunting sumber]

Contoh kontraksi dalam bahasa Inggris ada pada penyingkatan to be yang berpasangan dengan subjek dalam kalimat.

Subjek to be Hasil Kontraksi
I am I'm
You are you're
We are we're
They are they're
She is she's
He is he's
It is It's

Selain pada pertemuan subjek dengan to be tersebut, pertemuan subjek dengan to have juga sering mengalami kontraksi. Hal yang sama ditemukan pada pertemuan modals seperti will, should, atau shall dengan not (dalam negativasi).

Contoh dalam bahasa Indonesia Dalam bahasa Indonesia, kontraksi banyak terjadi pada bahasa tuturan ragam nonformal. Hal ini disebabkan karena dalam tuturan nonformal atau tuturan sehari-hari, para penutur ingin berbicara secepat mungkin dan sehemat tenaga mungkin. Penyingkatan-penyingkatan tersebut muncul misalanya pada kata-kata berikut ini.

Bentuk Asli Penghilangan yang Terjadi Bentuk Hasil Kontraks Contoh Kalimat
kenapa hilang suku kata [ke] napa beliin sekalian napa?
nggak hilang fon [ng] gak udah gak jadi kok
sebentar hilang suku kata [se], [ben] tar tar lagi juga beres