Kontra-iluminasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Prinsip kontrailuminasi pada cumi kunang-kunang (Watasenia scintillans). Saat dilihat dari bawah oleh predator, cahaya dari hewan tersebut membantunya menyamai kecahayaan dan warna dari permukaan laut diatasnya (i.e. latar belakangnya)

Kontra-iluminasi adalah sebuah metode kamuflase aktif yang dapat ditemukan pada hewan laut seperti cumi kunang-kunang dan ikan midshipman (Porichthys), dan pada prototipe militer. Kontra-iluminasi bekerja dengan cara memproduksi cahaya untuk menyamai latar-belakangnya baik secara kecerahan maupun panjang gelombang. Sebagai contoh, hewan pada zona mesopelagik cenderung terlihat gelap pada latar belakang permukaan air bila dilihat dari bawah, membuatnya rentan diserang predator. Oleh karena itu, hewan di zona tersebut memproduksi cahaya pada bagian bawah tubuhnya untuk menyamai latar-belakangnya, membuat bagian bawah tubuhnya lebih cerah.

Umumnya metode kontra-iluminasi dibantu oleh organ penghasil cahaya yang disebut dengan fotofor,[1] atau dibantu dengan hubungan simbiotik dengan bakteri, umumnya dengan Aliivibrio fischeri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cephalopod Photophore Terminology". Tolweb.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 August 2017. Diakses tanggal 16 October 2017.