Lompat ke isi

Konten nirkala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam konteks kewartawanan dan penyiaran, konten nirkala atau konten bakahijau adalah konten yang tidak dibatasi oleh waktu. Konten nirkala tidak bergantung pada peristiwa terkini ; dengan demikian, berita yang selalu menarik dapat dipersiapkan, kemudian dijeda sampai dipaparkan untuk mengisi waktu pada hari pemberitaan yang lebih lambat atau pada hari libur ketika lebih sedikit wartawan yang bertugas.

Kewartawanan[sunting | sunting sumber]

Majalah berita yang selalu menarik memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam produksi, tidak harus diproduksi pada jangka waktu tertentu; alih-alih memproduksi siaran berita baru setiap hari atau minggu, acara yang berisi konten nirkala dapat menghasilkan beberapa episode sekaligus dan merilisnya secara berurutan. Sebaliknya, konten semacam itu tidak responsif terhadap perkembangan terkini. Cerita unggulan dan cerita minat insani biasanya selalu menarik. [1] Istilah ini juga digunakan untuk konten jangka panjang dalam materi pemasaran dan periklanan. [2]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Acara televisi nirkala ideal untuk tayangan ulang . Seinfeld, misalnya, telah menjadi salah satu komedi situasi paling sukses dalam sindikasi luar jaringan selama lebih dari dua dekade, [3] karena komedi observasionalnya tidak bergantung pada referensi budaya pop yang mungkin ketinggalan jaman. Garry Marshall sering membuat acaranya dalam waktu dekat, misalnya Happy Days dan sempalannya Laverne & Shirley, atas saran salah satu produsernya, Thomas L. Miller, yang menyatakan bahwa acara yang agak kuno atau retro harus dimulai. dengan dan menjadi hits populer tidak kehilangan popularitas atau kesegarannya seiring berjalannya waktu. [4] Kedua pertunjukan tersebut memiliki kehidupan yang panjang dalam sindikasi; That '70s Show, sebuah sitkom Carsey-Werner, mengikuti kesombongan serupa dan ditayangkan ulang selama beberapa tahun. [5] Sebaliknya, Murphy Brown, sebuah pertunjukan yang memiliki umur panjang dan popularitas serupa dari era yang sama dengan Seinfeld, merupakan kegagalan sindikasi sebagian karena seringnya ketergantungan pada peristiwa terkini di tahun 1990an. [6]

Status acara nirkala juga dapat menjadi alasan pembatalan setelah acara tersebut memiliki tumpukan episode yang dapat terus diputar ulang. Setelah Pertunjukan Jerry Springer dibatalkan pada tahun 2018, analis televisi Bill Carroll berkomentar, "Secara realistis, menurut saya penonton tidak dapat melihat acara tersebut dan berkata, 'itu acara dari tahun ini, atau dua tahun lalu atau empat tahun. yang lalu.' Ini menjadi sangat homogen". [7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Garrison, Bruce (April 4, 2014). Professional Feature Writing (dalam bahasa Inggris). Routledge. hlm. 13–16. ISBN 9781135676773. 
  2. ^ Marrs, Megan (December 19, 2017). "What is Evergreen Content?". Wordstream. Diakses tanggal July 5, 2019. 
  3. ^ Craw, Victoria (February 8, 2017). "Steve Bannon is still making money from 'Seinfeld' reruns". The New York Post. Diakses tanggal September 7, 2017. 
  4. ^ Garry Marshall discusses creating Happy Days with EmmyTvLegends.org (posted to YouTube on July 13, 2012)
  5. ^ Hochman, David (February 12, 2006). "Even Those 70's Kids Should Have Seen It Coming". The New York Times. Like 'Happy Days', 'That 70's Show' blends smart comedy with light social commentary. 
  6. ^ Pergament, Alan (January 25, 2018). "English is back with 'Murphy Brown' revival that fits political climate". The Buffalo News. Diakses tanggal January 25, 2018. The attention to current events – which became old – is one of the reasons that "Murphy Brown" was never as big in syndication as expected. 
  7. ^ Rice. Entertainment Weekly.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan);