Kontak Tani Nelayan Andalan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


lambang KTNA
lambang KTNA

Kontak Tani Nelayan Andalan atau disingkat KTNA (NOFA, National Outstanding Farmers and Fishermen Association dalam bahasa Inggris) adalah suatu organisasi independen di Indonesia yang berorientasi pada aktivitas sosial di sektor agrikultur, yang berbasiskan agribisnis dan lingkungan hidup di pedesaan.

KTNA terdiri dari komunitas petani dan nelayan yang terpilih untuk mewakili daerah yang memiliki kualifikasi dalam kemampuan di bidangnya masing-masing dan mempunyai karakter pionir dan patriotis dalam pembangunan ekonomi nasional, khususnya di bidang agribisnis.

Organisasi KTNA ada pada level daerah, mulai dari tingkat Desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional. Saat ini Ketua Umum KTNA Nasional adalah Mohammad Yadi Sofyan Noor untuk masa jabatan 2021 hingga 2026.


KTNA juga membawahi beberapa organisasi dalam sektor agribisnis, salah satunya adalah IKAMAJA (Ikatan Keluarga Alumni Magang Jepang). Anggota dari IKAMAJA ini adalah generasi muda yang meneruskan aspirasi dari senior-seniornya yang sudah mapan dalam sektor agribisnis. PPPSI (Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia) juga merupakan organisasi bentukan KTNA, yang mempunyai anggota penyuluh swadaya yang ada di seluruh Indonesia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]