Lompat ke isi

Konstitusi Pylyp Orlyk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman pertama Undang-Undang Dasar Bender (versi dalam bahasa Latin, Arsip Nasional Swedia). Judul yang ditampilkan dalam bahasa Latin: Contenta Pactorum inter Ducem et Exercitum Zaporoviensem conventorum, in Compendium brevi Stylo collecta.

Undang-Undang Dasar Pylyp Orlyk atau Pakta dan Konstitusi Hak dan Kebebasan Host Zaporizhia (bahasa Ukraina: Конституція Пилипа Орлика; Пакти і Конституції прав і вольностей Війська Запорозького, bahasa Latin: Pacta et Constitutiones Legum Libertatumque Exercitus Zaporoviensis), juga dikenal sebagai Konstitusi Pertama Ukraina adalah dokumen konstitusional yang ditulis oleh Hetman Pylyp Orlyk (seorang Cossack dari Ukraina) pada tahun 1710.[1]

Konstitusi ini menetapkan standar demokratik yang memisahkan kekuasaan antara cabang legislatif, eksekutif dan yudikatif sebelum diterbitkannya buku De l'esprit des lois karya Montesquieu. Konstitusi ini membatasi wewenang eksekutif hetman dan mendirikan parlemen Cossack yang dipilih secara demokratis yang disebut Dewan Umum. Konstitusi Pylyp Orlyk merupakan dokumen yang unik pada masanya dan salah satu konstitusi negara pertama di Eropa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah Pertempuran Poltava, ketika pasukan Charles XII dari Swedia dan Hetman Ivan Mazepa dikalahkan oleh Peter I dari Rusia, Pylyp Orlyk tetap bersama Mazepa. Bersama-sama, Orlyk, Mazepa, dan pasukan Cossack mereka mundur ke kota Bendery, di Bessarabia (sekarang Moldova, yang saat itu merupakan bagian dari Kekaisaran Ottoman). Tentara Zaporizhian Cossack juga menetap di daerah ini.

Setelah Mazepa meninggal, pada tanggal 5 April 1710 Pylyp Orlyk terpilih sebagai Hetman dari Tentara Zaporizhian. Pada hari yang sama, ia mengeluarkan Pakta dan Konstitusi Hak dan Kebebasan Tuan Rumah Zaporizhian. Konstitusi Orlyk terkadang disebut dengan kota proklamasinya, Konstitusi Bendery.

Pasal Konstitusi[sunting | sunting sumber]

Judul berbahasa Ukraina berbunyi: "Договори і постанови прав і свобод військових між Ясновельможним Його Милості паном Пилипом Орликом, новообраним гетьманом Війська Запорізького, і між генеральними особами, полковниками і тим же Військом Запорізьким з повною згодою з обох сторін". Dokumen tersebut terdiri dari pembukaan dan 16 artikel.[2][3][4]

Pembukaan[sunting | sunting sumber]

Pembukaannya secara singkat membahas sejarah Cossack, mitos asal usul Khazar mereka, kebangkitan Zaporizhian Sich dan kejatuhannya ketika di bawah Bohdan Khmelnytsky mereka memberontak melawan Persemakmuran Polandia-Lituania dan akhirnya mengabdi pada Kekaisaran Rusia. Menurut pendahuluan, dengan menggunakan segala cara yang ada, Moskow membatasi dan menghapuskan hak dan kebebasan Tentara Zaporizhzhia dan akhirnya menundukkan negara Cossack yang merdeka. Politik dan aliansi Ivan Mazepa dengan Charles XII dari Swedia dijelaskan sebagai hal yang logis dan tak terelakkan, diamanatkan oleh kebutuhan untuk membebaskan tanah air. Kemerdekaan negara baru dari Rusia ditetapkan sebagai tujuan utama Konstitusi Bendery.

Pasal 1–5[sunting | sunting sumber]

Pasal 1–3 membahas urusan umum Ukraina. Mereka memproklamasikan kepercayaan Ortodoks Timur sebagai kepercayaan Ukraina, dan untuk memajukan kemerdekaan dari Moskow, Patriarkat Kyiv harus memperoleh subordinasi langsung ke Ibu Kota Apostolik Konstantinopel. Kediaman orang yang menganut agama lain, khususnya Yudaisme, harus dilarang. Sungai Sluch ditetapkan sebagai perbatasan antara Ukraina dan Polandia. Artikel-artikel tersebut juga mengakui perlunya aliansi anti-Rusia antara Ukraina dan Kekhanan Krimea.

Pasal 4–5 mencerminkan kepentingan Zaporozhian Cossack, yang merupakan mayoritas emigrasi Bendery. Hetman berkewajiban:

a) untuk mengusir, dengan bantuan Charles XII, Rusia dari Hetmanate

b) untuk memberikan kota Trakhtemyriv kepada Zaporizhzhian untuk dijadikan rumah sakit, dan

c) untuk melarang warga non-Zaporizhzhian memiliki apa pun di wilayah Zaporizhzhian

Pasal 616[sunting | sunting sumber]

Pasal 6–10 membatasi kekuasaan hetman dan membentuk parlemen Cossack, serupa dengan dewan perwira yang diperluas, yang bertemu tiga kali setahun. Dewan Umum tidak hanya terdiri dari staf umum dan kolonel resimen, tetapi juga "individu yang luar biasa dan berharga dari setiap resimen".

Pasal 11–16 melindungi hak-hak kota, membatasi perpajakan petani dan Cossack miskin, dan membatasi pemilik penginapan. Charles XII, raja Swedia dan "pelindung Ukraina", kebetulan sedang berada di Bendery pada saat itu, dan membenarkan artikel-artikel ini.

Penyimpanan[sunting | sunting sumber]

Koin Ukraina dengan Pylyp Orlyk

Pada tanggal 9 April 2010, peringatan 300 tahun pembentukan Konstitusi, sebuah monumen diresmikan di Bender. Monumen tersebut berbentuk buku dengan ukiran informasi tentang sejarah penulisan konstitusi dan nama lengkapnya dalam bahasa Ukraina dan Latin.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "300th anniversary of first Ukrainian constitution written by Pylyp Orlyk being celebrated", Kyiv Post, (April 5, 2010)
  2. ^ "КОНСТИТУЦІЯ ПИЛИПА ОРЛИКА". The Verkhovna Rada of Ukraine. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 24, 2022. Diakses tanggal June 5, 2022. 
  3. ^ Mahrytska, Iryna (2005-06-24). "Hetman Pylyp Orlyk and Ukraine's First Constitution". Eastern Ukrainian National University of V. Dalya. Jurisprudentia/Slovo Prosvity. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-01-18. Diakses tanggal 2006-08-17. 
  4. ^ "Bendery, Constitution of". The Internet Encyclopedia of Ukraine. Canadian Institute of Ukrainian Studies. 
  5. ^ "Конституція Пилипа Орлика — UKR.md" (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2023-06-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]