Ivan Mazepa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
"Mazeppa" karya Théodore Géricault

Ivan Stepanovych Mazepa (bahasa Ukraina: Іван Степанович Мазепа, bahasa Ukraina: Іван Степанович Мазепа, bahasa Ukraina: Іван Степанович Мазепа; bahasa Ukraina: Іван Степанович МазепаO.S. March 201639bahasa Ukraina: Іван Степанович Мазепаbahasa Ukraina: Іван Степанович МазепаO.S. September 211709),[1] adalah Cossack Hetman dari Hetmanate di Ukraina dari tahun 1687 hingga 1708, dan Pangeran Kekaisaran Romawi Suci pada tahun 1707-1709.[2] Ia terkenal karena kecintaannya terhadap seni dan perannya dalam Pertempuran Poltava.

Dalam pertempuran tersebut, ia meninggalkan pasukannya dan balik memihak pasukan lawan yang dipimpin oleh Charles dari Swedia setelah mengetahui bahwa Peter I berniat menurunkannya sebagai Hetman Ukraina dan menggantinya dengan Alexander Menshikov. Peristiwa tersebut meninggalkan dampak besar bagi sejarah Rusia dan Ukraina.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Mazepa diperkirakan lahir pada tanggal 30 Maret 1639 di Mazepyntsi, dekat Bila Tserkva, yang ketika itu merupakan bagian dari Provinsi Kiev di wilayah Persemakmuran Polandia-Lithuania.[1] Ia lahir dari keluarga bangsawan. Ibunya bernama Maryna Mokievska (1624-1707) (dikenal 1674-75 dengan nama biara nya Maria Magdalena), sementara ayahnya adalah Stefan Adam Mazepa (? -1666).[3] Maryna Mokievska berasal dari keluarga seorang perwira Cossack yang berjuang bersama Bohdan Khmelnytsky. Dia melahirkan dua anak - Ivan dan Oleksandra. Stefan Mazepa menjabat sebagai Otaman dari Bila Tserkva (1654), perwakilan Cossack Raja Polandia-Lithuania Rzecz Pospolita, dan podczaszy Czernihów.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]