Konferensi Waligereja Pantai Gading

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konferensi Waligereja setempat adalah Konferensi Episkopal Pantai Gading (Prancis: Konferensi Episkopal de Pantai Gading, CECI). Didirikan pada tahun 1970, Konferensi Waligereja secara resmi diakui pada tanggal 16 Februari 2007 oleh negara bagian Pantai Gading. Itu mencakup semua uskup Katolik di negara itu, emeritus biasa, dan tambahan. Berkantor pusat di Abidjan.

Konferensi Waligereja terdiri dari lima organisasi: Majelis Pleno, Dewan Permanen, Dewan Kepresidenan, Dewan Urusan Ekonomi, Sekretaris Jenderal. Sidang Paripurna adalah otoritas tertinggi dari Konferensi Para Uskup Pantai Gading, yang mempertemukan semua uskup dua kali setahun. Dewan Permanen terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden CECI, para kardinal Pantai Gading, dan Ordinaris tempat kantor pusat Konferensi. Dewan Presiden terdiri dari Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Jenderal CECI: bertujuan untuk mempersiapkan pertemuan Dewan Permanen dan ringkasan yang akan dipublikasikan.

CECI adalah anggota Asosiasi Konferensi Waligereja Afrika Tengah (ACEAC) dan Simposium Konferensi Waligereja Afrika dan Madagaskar (SECAM).

Presiden[sunting | sunting sumber]

1970-1993 - Bernard Yago, Kardinal, Uskup Agung dari Abidjan

1993-1999: Auguste Nobou, Uskup Agung Korhogo

1999-2005: Vital Komenan Yao, Uskup Agung Bouaké

2005-2008: Laurent Akran Mandjo, uskup Yopougon

2008-2011: Joseph Ake Yapo, Uskup Agung Gagnoa

dari 2011: Alexis Touably Youlo, uskup Agboville

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]