Konferensi Seluruh Rakyat Afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konferensi Seluruh Rakyat Afrika atau dalam bahasa Inggris All-African Peoples' Conference (AAPC) sebagian merupakan konsekuensi yang wajar dan sebagian lagi merupakan pandangan yang berbeda terhadap negara-negara Afrika modern yang diwakili oleh Konferensi Kepala Negara-negara Afrika merdeka. AAPC disusun untuk memasukkan kelompok-kelompok sosial, termasuk komunitas etnis dan partai-partai politik anti-kolonial serta organisasi-organisasi Afrika seperti Serikat Buruh dan asosiasi-asosiasi penting lainnya pada akhir 1950-an dan awal 1960-an baik di Afrika dan Diaspora di Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

AAPC diadakan untuk menyatakan sikap bahwa Afrika harus dikembalikan kepada masyarakat dan kelompok-kelompok Afrika seperti: komunitas etnis, yang telah direbut oleh kolonialisme. Gagasan ini dibahas di Accra, Ghana pada April 1958 oleh John Kale dari Uganda, setelah acara Konferensi Kepala Negara Afrika pertama di Accra berakhir pada bulan Maret 1958. John Kale yang merupakan salah satu penyelenggara Konferensi Kepala Negara Afrika pertama, kemudian beroperasi dari pengasingannya di Mesir.

Konferensi AAPC Pertama diadakan di Accra, 8-13 Desember 1958 yang sebelumnya didahului oleh Komite Persiapan yang terdiri dari perwakilan dari delapan negara Afrika independen — selain Afrika Selatan, yaitu: Etiopia, Ghana, Guinea, Liberia, Libya, Maroko, Tunisia, dan Republik Arab Bersatu. Konferensi dihadiri juga oleh delegasi dari 28 negara dan koloni Afrika. Jumlah delegasi lebih dari 300, dan konferensi mengklaim bahwa mereka mewakili lebih dari 200 juta orang dari seluruh penjuru Afrika. Tom Mboya, Sekretaris Jenderal partai Kenya Federation of Labour, terpilih sebagai ketua AAPC.

Tokoh-tokoh terkemuka yang hadir dalam Konferensi AAPC pertama di antaranya:[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Houser, No One Can Stop the Rain (1989), p. 70.