Konfederasi Serikat Buruh Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Konfederasi Serikat Buruh internasional atau The International Trade Union Confederation (ITUC) merupakan organisasi Global yang menyuarakan tentang orang-orang yang bekerja atau yang menjadi buruh di dunia. ITUC didirikan di Wina pada 1 November oleh beberapa federasi serikat pekerja diantaranya Konfederasi Serikat Pekerja Bebas Internasional (International Confederation of Free Trade Union / ICFTU) dan Federasi Pekerja Dunia (World Confederation of Labour / WCL).[1] Tujuan ITUC sendiri yaitu untuk memberikan wadah bagi para pekerja di seluruh dunia dalam menyampaikan suara untuk menyikapi tantangan globalisasi.

Misi utama ITUC sendiri adalah promosi dan pembelaan hak-hak dan kepentingan pekerja melalui kerjasama internasional antara serikat pekerja, kampanye global dan advokasi di dalam institusi global utama. Bidang kegiatan utamanya meliputi: serikat pekerja dan hak asasi manusia; ekonomi; sosial dan tempat kerja; kesetaraan dan non diskriminasi; dan solidaritas internasional. ITUC mematuhi prinsip-prinsip demokrasi serikat buruh kemerdekaan. ini diatur oleh kongres dunia empat tahunan, Dewan umum, dan biro eksekutif. ITUC sendiri mempunyai beberapa organisasi regional, antara lain Organisasi Regional Asia Pasifik atau Asia-Pasific Regional Organisation (ITUC-AP), Organisasi Regional Afrika atau Afrika Regional Organisation (ITUC-AF) dan organisasi regional Amerika atau American Regional Organisation (TUCA). Organisasi tersebut bekerjasama dengan serikat buruh Eropa melalui pan-European Regional Council.[2]

Pada Juli 2013 Presiden Bambang Yudhoyono menerima kunjungan delegasi kehormatan ITUC. Pada kesempatan tersebut sekretaris jenderal ITUC Sharan Burrow berharap bisa lebih detail dapat mendiskusikan masalah-masalah buruh terkini.[3] Pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Sekjen ITUC Asia Afrika Noriyuki Suzuki, Staff Hubungan Internasional Kaathlen KOP, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Mudhofir. Menurut Burrow globalisasi dan krisis keuangan dunia memberikan tantangan besar bagi buruh di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ILO Akui Konfederasi Serikat Pekerja Internasional". 
  2. ^ "The International Trade Union Confederation (ITUC) is the global voice of the world's working people". 
  3. ^ antaranews.com. "Presiden Terima Delegasi ITUC". www.antaranews.com. Diakses tanggal 2018-04-29.