Kondur Petroleum S.A.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kondur Petroleum S.A.
Perseroan Terbatas
IndustriMinyak dan Gas Bumi
Didirikan17 Desember 1967
Kantor
pusat
Jakarta, Indonesia
Tokoh
kunci
Rennier A. R. Latief, Presiden Direktur
IndukEnergi Mega Persada
Situs webhttp://www.kondur.co.id/

Kondur Petroleum S.A. adalah salah satu Kontraktor Kontrak Kerja Sama dengan BPMIGAS.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Kondur" diambil dari nama pulau yang berada di Selat Malaka. Pulau tersebut merupakan bagian dari Malacca Straits PSC yang memiliki luas 55.000 km2.

Kondur merupakan perusahaan yang berdiri berdasarkan hukum Republik Panama tanggal 17 Desember 1967 dan merupakan anak perusahaan Amerika Serikat Ingram dan beberapa perusahaan Amerika lainnya. Setelah beberapa kali terjadi pemindahan kepemilikan maka terakhir Kondur Petroleum S.A. dimiliki oleh Energi Mega Persada (EMP) yang merupakan perusahaan terafiliasi dengan Grup Bakrie.

Daerah Operasi[sunting | sunting sumber]

Kondur Petroleum S.A. merupakan operator dari Blok Malacca Strait PSC (34.46%). Bila digabungkan dengan anak perusahaan EMP lainnya (PT Imbang Tata Alam), EMP memiliki 60.49% participating interest di blok tersebut. Produksi yang dihasilkannya adalah minyak bumi sebesar 10.000 BOPD (2005)

Secara geografis, Kondur Petroleum S.A. berlokasi di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan wilayah baru hasil pemekaran kabupaten induk, yaitu Kabupaten Bengkalis. Sebagai perusahaan minyak dan gas bumi satu-satunya yang beroperasi di Kabupaten Kepulauan Meranti, kontribusi Kondur Petroleum S.A. dalam bentuk dana bagi hasil (DBH) menjadi perhatian bagi pemerintah dan masyarakat.