Kon-Katedral Yerusalem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kon-Katedral Yerusalem
Konkatedral Nama Yesus Yang Mahakudus
Konkatedral Yerusalem
LokasiKota Tua Yerusalem
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
GayaNeo-Gotik
Selesai1872
Administrasi
KeuskupanPatriarkat Latin Yerusalem

Konkatedral Nama Yesus Yang Mahakudus,[1] juga dikenal sebagai Konkatedral Nama Suci Yesus, adalah sebuah gereja konkatedral Katolik yang terletak di Kota Tua Yerusalem, Israel yang secara teknis berfungsi sebagai takhta episkopal dari Patriarkat Latin Yerusalem. Gereja ini terletak di Bagian Kristen Kota Tua Yerusalem, sekitar setengah jalan antara Gerbang Baru dan Gerbang Jaffa , di dalam tembok Kota Tua.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1847 Kekaisaran Ottoman mengizinkan hierarki Gereja Katolik untuk membangun katedral baru di Palestina. Gereja ini selesai pada tahun 1872, yang menjadi bagian dari kompleks bangunan Patriarkat Latin, yang secara efektif merupakan gereja uskup. Namun karena alasan sejarah, Gereja Katolik menjadikan Gereja Makam Suci secara resmi sebagai katedral.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Konkatedral Nama Yesus Yang Mahakudus dilihat dari Ramparts Walk di sepanjang tembok kota barat

Dalam gaya arsitektur neo-Gotik, gereja ini memiliki denah salib Yunani dengan panjang 28 meter dan lebar 24 meter.[2] Gereja tiga lorong ini memiliki lebar bagian tengah 8,5 meter, dan lorong samping lebarnya 4,5 meter; semuanya dibangun dengan galeri.[2] Gereja ini memiliki empat jendela kaca patri yang dihias, menandai ujung salib.[2] Tiga di antaranya memiliki bentuk yang sama:[2] jendela di atas altar tinggi melambangkan Kristus yang bangkit sebagai pemenang atas kematian, jendela di sebelah kiri menunjukkan Penyaliban, dan jendela di sebelah kanan menggambarkan Kedatangan orang-orang Majus. Jendela belakang di atas pintu masuk adalah jendela mawar besar[2] dan mewakili Empat Penginjil. Gereja memiliki lima altar,[2] tiga di bagian tengah dan dua lorong serta dua altar yang lebih kecil di ujungnya dari transept.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D'Assemani, Michael H. Abraham. Salib di Atas Pedang: Sejarah Ordo Berkuda Makam Suci Yerusalem. Diakses tanggal 3 March 2020. 
  2. ^ a b c d e f Sieben Artikel über Jerusalem, aus den Jahren 1859 bis 1869 von Dr. Philipp Wolff ("Tujuh artikel tentang Yerusalem, ditulis antara tahun 1859 dan 1869 oleh Dr. Philipp Wolff), bab 6: "Neubaten Jerusalems. 4. Die neue römische Patriarkalkirche." ("Bangunan baru Yerusalem. 4. Gereja baru Patriarkat Latin."), dari 'Aus dem Ausland' 1864. Diterbitkan oleh Belser (Stuttgart), 1869, hal. 95. Dalam bahasa Jerman.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 31°46′40″N 35°13′38″E / 31.77778°N 35.22722°E / 31.77778; 35.22722