Kon-Katedral Kyiv

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kon-Katedral Kyiv
Kon-Katedral Santo Aleksander, Kyiv
Ukraina: Співкафедральний собор св. Олександра
Kon-Katedral Kyiv
LokasiKyiv
NegaraUkraina
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Selesai1842
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Kyiv-Zhytomyr

Tampak lain

Kon-Katedral Kyiv atau yang bernama resmi Kon-Katedral Santo Aleksander[1] (Ukraina: Співкафедральний собор св. Олександра) disebut juga Katedral St. Alexander dari Kyiv adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang berlokasi di Kyiv, ibu kota negara Ukraina.[2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun antara tahun 1817 dan 1842 dengan denah salib, dengan kubah di persimpangan lorong bergaya klasisisme. Gereja ini terletak di bekas situs distrik pedagang Polandia, dekat Maidan Nezalezhnosti.

Untuk memperingati kunjungan Tsar Alexander I Rusia di Kyiv, pemilik Polandia Antoni Sawicki membangun, dengan persetujuan pihak berwenang, sebuah gereja Katolik kayu di lokasi tersebut.

Gereja kayu pertama terbakar pada tahun 1823; gereja batu bata yang baru baru selesai dibangun pada tahun 1842. Setelah tahun 1905, otoritas Tsar melonggarkan pembatasan terhadap gereja-gereja selain Ortodoks Rusia. Di masa Soviet sebuah planetarium menempati lokasi tersebut. Setelah jatuhnya komunisme bangunan ini direnovasi dan menjadi kon-katedral dari Keuskupan Kyiv-Zhytomyr (Dioecesis Kioviensis-Zytomeriensis' ', Єпархія Київ-Житомир).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bersama St. Alexander
  2. ^ O. Aleksejczuk, Kijów i okolice, Pascal, Bielsko-Biała, 2006, ISBN 83-7304-546-5
  3. ^ "Олександрівський костел - Костьол Святого Олександра -- Сайт історії Києва". 2015- 20-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02 -20.