Kon-Katedral Beograd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kon-Katedral Beograd
Gereja Kon-Katedral Kristus Raja di Beograd
bahasa Serbia: Konkatedrala Krista Kralja
LokasiBeograd
NegaraSerbia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Nama sebelumnyaKatederal Santo Ladislaus
Didirikan07 Desember 1927 (1927-12-07) - but see note below
DedikasiKristus Raja
Tanggal dedikasi1927
Tanggal konsekrasi1924
Uskup sebelumnyaIvan Rafael Rodić
Arsitektur
StatusKon-katedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturBasilika
GayaRomanesque Revival
Selesai1927
Administrasi
ParokiParoki Kristus Raja
DekenatDiakonat Beograd
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Beograd
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Stanislav Hočevar
VikarisStjepan Barišić
Pendeta PembantuAndrej Đuriček

Kon-Katedral Beograd atau yang bernama resmi Kon-Katedral Kristus Raja (bahasa Serbo-Kroasia: Konkatedrala Krista Kralja) adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang terletak di Krunska 23' ', di pusat kota Beograd, ibu kota Serbia. Katedral ini adalah gereja Katolik tertua yang masih ada di kota di selatan sungai Sava dan Danube, dan dibangun antara tahun 1924 dan 1988, katedral Keuskupan Agung Beograd.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kon-Katedral Kristus Raja adalah tempat ibadah Katolik tertua di Beograd. Pembangunannya baru dilakukan pada tahun 1924: sebenarnya, sejak tahun 1914 telah terjadi negosiasi antara Takhta Suci dan pemerintah Serbia untuk pembangunan gereja. Kuil baru, didedikasikan untuk St. Ladislaus, ditahbiskan secara khidmat oleh Nunsius Apostolik Pellegrinetti pada tanggal 7 Desember 1924 dan diangkat ke pangkat katedral dari Keuskupan Agung Beograd yang baru, yaitu Uskup Agung pertama Ivan Rafael Rodić. Pada tahun 1926, gereja diperluas dan mencapai ukurannya saat ini, juga didedikasikan untuk Kristus Raja pada tahun berikutnya, dipasang organ pipa dan loncengyang baru. Antara tahun 1966 dan 1971, periode di mana Ciril Zajec menjadi vikaris katedral, paroki lokal diperluas dan presbiteri diubah menjadi norma-norma liturgi baru yang ditentukan oleh Konsili Vatikan Kedua. Sejak tahun 1988, ketika katedral baru yang didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga ditahbiskan, Gereja Kristus Raja menyandang gelar kon-katedral dan terutama digunakan untuk pertemuan diplomatik, Misa requiem dan pertemuan antaragama.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Gereja didahului oleh halaman gereja kecil yang dikelilingi oleh gerbang besi tempa yang menjadi tempat gereja dan pastoran. Fasad gereja Kristus Raja dibagi menjadi dua bagian dengan cornice horizontal yang diberi plesteran: bagian bawah adalah portal, ditopang oleh dua kolom Korintus dan di atasnya terdapat mosaik lunette menggambarkan Kristus Memberkati; di bagian atas terdapat jendela dengan lengkungan bulat dan cornice yang ditopang oleh dua rak yang dihiasi pola lengkungan gantung. Di sebelah kiri fasad gereja terdapat menara lonceng dengan menara tempat lonceng bergantung dengan tiga jendela berjendela yang terbuka ke luar. Namun di sebelah kanan gereja terdapat pastoran, di dua lantai, dengan empat jendela persegi panjang di fasadnya.

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam Kon-Katedral Kristus Raja memiliki tiga bagian tengah yang ditutupi dengan kubah tong. Di sepanjang mereka, di atas pita marmer Carrara putih, terdapat Jalan Salib kayu dan jendela kaca patri dengan pemandangan dari kehidupan Yesus dan Maria. Di bagian bawah dua lorong samping terdapat transept, yang diakhiri dengan dua apses berbentuk setengah lingkaran yang sedikit menonjol. Di dalamnya terdapat altar yang didedikasikan untuk St. Joseph (altar kanan) dan Bunda dari Lourdes (altar kiri), juga digunakan untuk penyimpanan Sakramen Maha Kudus. presbiteri telah sepenuhnya pulih ke keadaan pasca-konsili tahun 1960-an, yang dipimpin oleh arsitek Augustus Ranoki. Di sepanjang poros tengah, terdapat altar utama dan singgasana uskup marmer. Apse dihiasi dengan mosaik modern yang menggambarkan "Kristus Raja."

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]