Kon-Katedral Żywiec

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kon-Katedral Żywiec
Kon-Katedral Kelahiran Perawan Maria Yang Terberkati, Żywiec
bahasa Polandia: Konkatedra Narodzenia Najświętszej Maryi Panny
Kon-Katedral Żywiec
LokasiŻywiec
NegaraPolandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKon-katedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Bielsko–Żywiec

Kon-Katedral Kelahiran Santa Perawan Maria,[1] (bahasa Polandia: Konkatedra Narodzenia Najświętszej Maryi Panny), juga disebut Katedral Żywiec,[2] adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang terletak di kota Żywiec, Polandia,[3] dan katedral bersama Keuskupan Bielsko–Żywiec.

Pada tahun 1470 gereja ini dibangun dengan gaya Gotik dan menjadi sebuah paroki. Pada abad keenam belas gereja ini diperluas dua kali dengan dukungan keluarga Komorowski, yang pernah menjadi pemilik Żywiec. Perluasan pertama terjadi antara tahun 1515 dan 1542, dengan perluasan mimbar gereja dan bagian tengah. Pada tanggal 9 Oktober 1547, gereja tersebut ditahbiskan oleh Uskup Kraków dengan gelar "Kelahiran Perawan Maria dan St. Lawrence Martyr" untuk menghormati gereja Extension Promotor, Lawrence Komorowski. Perluasan selanjutnya dilakukan pada tahun 1582 hingga 1583 masih terfokus pada kapal, dengan penambahan menara persegi, arsitek Italia Giovanni Ricci.

Gereja ini diangkat menjadi katedral bersama Keuskupan Bielsko – Żywiec, bersamaan dengan pendirian keuskupan baru pada tanggal 25 Maret 1992, dengan Bulla "Totus Tuus Poloniae populus" dari Paus Yohanes Paulus II.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bersama Kelahiran Santa Perawan Maria Mary
  2. ^ Nowobilski, Jósef Andrzej; Włodarek, Andrzej; Kolanowski, Jan; Wawelska, Katedra; Polandia), Zamek Królewski na Wawelu (Kraków; Krakowie, Muzeum Archidiecezjalne w. Wawel 1000-2000. ISBN 9788387960520. 
  3. ^ "Parafia Narodzenia Najświętszej Maryi Panny w Żywcu". parafiazywiecka.net. Diakses tanggal 2016-09-20.