Komunitas Emmanuel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Logo Komunitas Emmanuel.

Komunitas Emmanuel (bahasa Prancis: Communauté de l'Emmanuel, bahasa Inggris: Emmanuel Community) adalah asosiasi umat beriman Katolik yang didirikan pada tahun 1972 di Paris, Prancis, oleh Pierre Goursat dan Martine Lafitte-Catta, bermula dari suatu kelompok doa yang tergabung dalam Pembaharuan Karismatik Katolik. Komunitas ini mendapat pengakuan sebagai asosiasi internasional umat beriman dengan hak pontifikal melalui sebuah dekret yang dikeluarkan Dewan Kepausan untuk Kaum Awam pada bulan Desember 1992.

Cara hidup[sunting | sunting sumber]

Komunitas Emmanuel terdiri dari para anggota dengan status hidup berbeda-beda (keluarga, lajang, imam, serta saudara dan saudari selibat) dari beragam profesi dan berupaya untuk menjalani suatu kehidupan persaudaraan di dunia ini. Komunitas Emmanuel memandang cara hidup mereka sebagai tanggapan atas panggilan Allah untuk meraih kekudusan, yang ditujukan kepada setiap orang, terutama melalui doa pribadi, adorasi Ekaristi, belas kasih kepada mereka yang miskin secara jasmani maupun rohani, dan pewartaan kabar baik. Para anggota komunitas dibantu untuk bertumbuh secara rohani dengan berbagai cara: "pertemuan rumah tangga" (kelompok kecil anggota yang bertemu secara teratur untuk berdoa dan merenungkan tindakan-tindakan Allah dalam kehidupan mereka), "pertemanan rohani" (pertemuan pribadi dengan seorang anggota yang lebih berpengalaman), pertemuan bulanan semua anggota dalam suatu negara atau wilayah.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Komunitas Emmanuel menyelenggarkan kelompok-kelompok doa, umumnya mingguan, di berbagai kota di seluruh dunia. Selain itu juga menyelenggarakan "sesi-sesi" (pertemuan-pertemuan evangelisasi dan formasi Kristiani, dirancang secara khusus untuk berbagai kelompok sosial dan profesional) nasional ataupun internasional, serta forum-forum kaum muda di berbagai tempat. Komunitas ini dipercayakan dengan tugas menghidupkan beragam situs ziarah seperti Paray-le-Monial dan L'Île-Bouchard di Prancis, Altötting di Jerman, dan sebagainya. Apabila uskup memercayakan suatu paroki kepada seorang imam yang tergabung dalam Komunitas Emmanuel, maka para anggota komunitas di sekitarnya juga dipercayakan untuk menghidupkan dan membantu kegiatan-kegiatan di paroki tersebut. Komunitas ini mengadakan program formasi internasional berdurasi 9 bulan yang disebut Sekolah Misi Emmanuel (ESM) di Paray-le-Monial, Prancis, Roma, Italia, Altötting, Jerman, dan Manila, Filipina, serta sekolah evangelisasi malam hari di berbagai tempat di dunia. Komunitas Emmanuel juga membentuk Fidesco, suatu lembaga swadaya masyarakat yang mengirimkan para profesional muda dari negara-negara maju ke negara-negara terbelakang dalam misi solidaritas.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, Komunitas Emmanuel memiliki 7.200 anggota di 64 negara pada 5 benua.[1] Di antara mereka, terdapat 200 imam, sekitar 100 seminaris serta 100 pria dan wanita yang menjalani hidup bakti dengan selibat. Secara internasional, Komunitas Emmanuel dipimpin oleh seorang Moderator Umum (selalu dijabat oleh seorang awam), dibantu oleh suatu Dewan Internasional, keduanya dipilih untuk periode 3 tahun. Sedangkan seksi-seksi ("provinsi-provinsi") nasional dipimpin oleh seorang penanggung jawab dari negara yang bersangkutan, yang dinominasikan oleh Dewan Internasional.

Fidesco[sunting | sunting sumber]

Fidesco didirikan pada tahun 1981 oleh Komunitas Emmanuel setelah suatu pertemuan di Istana Apostolik, Vatikan, dengan para uskup Afrika. Sebagai suatu lembaga swadaya masyarakat untuk solidaritas internasional, Fidesco mengutus sukarelawan-sukarelawati ke negara-negara di belahan bumi Selatan untuk mengaplikasikan keterampilan-keterampilan profesional mereka dalam melayani proyek-proyek pembangunan, untuk membantu para penduduk setempat ataupun tindakan-tindakan kemanusiaan.

Para relawan yang tergabung dalam Fidesco adalah para lajang, pasangan atau keluarga, kaum muda, orang dewasa atau pensiunan, yang atas nama iman mereka berhasrat untuk berkarya bagi mereka yang terpinggirkan. Dengan demikian menjelaskan makna nama FIDES - CO: faith & co-operation ("iman & kerja sama").

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Prancis) Qui sommes-nous ? on Emmanuel.info

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]