Komunikasi nirhubung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komunikasi nirhubung atau komunikasi nirsambung (disebut juga komunikasi mode CL)[1] adalah metode transmisi data yang digunakan dalam jejaring sambungan paket di mana setiap unit data ditangani dan dirutekan secara individual berdasarkan informasi yang dibawa di setiap unit, bukan pada informasi pengaturannya. Saluran data tetap yang telah diatur sebelumnya seperti dalam komunikasi berorientasi sambungan.

Atribut[sunting | sunting sumber]

Dalam komunikasi nirhubung antara dua titik akhir jaringan, sebuah pesan dapat dikirim dari satu titik akhir ke titik akhir lainnya tanpa pengaturan sebelumnya. Perangkat di salah satu ujung komunikasi mengirimkan data yang dialamatkan ke ujung lainnya, tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa penerima tersedia dan siap menerima data tersebut. Beberapa protokol mengizinkan koreksi kesalahan dengan meminta transmisi ulang. Internet Protocol (IP) dan User Datagram Protocol (UDP) adalah protokol nirhubung.

Sebuah paket yang dikirimkan dalam mode nirhubung sering disebut datagram .

Protokol nirhubung biasanya digambarkan sebagai protokol independen karena titik akhir tidak memiliki cara yang ditentukan oleh protokol untuk mengingat di mana mereka berada dalam "percakapan" pertukaran pesan.

Komunikasi nirhubung memiliki overhead yang lebih rendah daripada komunikasi berorientasi koneksi karena dalam komunikasi berorientasi koneksi, rekan-rekan yang berkomunikasi harus terlebih dahulu membuat saluran atau koneksi data logis atau fisik dalam dialog sebelum pertukaran data pengguna.

Komunikasi nirhubung memungkinkan operasi multisiar dan siaran di mana data yang sama dikirimkan ke beberapa penerima dalam satu transmisi.

Dalam transmisi nirhubung penyedia layanan biasanya tidak dapat menjamin bahwa tidak akan ada kehilangan, kesalahan penyisipan, kesalahan pengiriman, duplikasi, atau pengiriman paket yang tidak berurutan . Namun, dampak kesalahan dapat dikurangi dengan menerapkan koreksi kesalahan dalam protokol aplikasi.

Dalam mode nirhubung, peluang pengoptimalan lebih kecil ketika mengirimkan beberapa unit data antara dua rekan yang sama. Dengan membangun koneksi pada awal pertukaran data, komponen ( router, bridge ) di sepanjang jalur jaringan akan dapat melakukan pra-komputasi (dan karenanya menyimpan cache ) informasi terkait perutean, sehingga menghindari penghitungan ulang untuk setiap paket. Dalam komunikasi berorientasi koneksi, komponen jaringan juga dapat mencadangkan kapasitas untuk transfer unit data berikutnya dari pengunduhan video, misalnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Information Processing Systems - Open Systems Interconnection, "Transport Service Definition - Addendum 1: Connectionless-mode Transmission", International Organization for Standardization, International Standard 8072/AD 6, December 1986.