Kompresi gravitasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Dalam inti bintang seperti Matahari, tekanan gravitasi diseimbangkan oleh tekanan panas dari reaksi fusi, sehingga menunda kompresi gravitasi untuk sementara waktu.

Kompresi gravitasi adalah suatu fenomena ketika gravitasi suatu objek memampatkan (atau mengompresi) objek tersebut, sehingga mengecilkan ukuran dan meningkatkan kepadatan objek tersebut.

Di pusat planet atau bintang, kompresi gravitasi menghasilkan panas melalui mekanisme Kelvin–Helmholtz. Mekanisme ini menjelaskan bagaimana Yupiter terus mengeluarkan panas yang disebabkan oleh kompresi gravitasi.[1]

Istilah kompresi gravitasi seringkali digunakan dalam menjelaskan evolusi bintang. Matahari dan bintang deret utama lainnya merupakan hasil dari keruntuhan gravitasi awan molekuler. Dengan mengasumsikan bahwa massa materi tersebut cukup besar, kompresi gravitasi akan mengecilkan besar inti dan meningkatkan suhu hingga fusi hidrogen dapat berlangsung. Reaksi fusi hidrogen menjadi helium ini mengeluarkan energi yang menyeimbangkan tekanan gravitasi ke dalam, dan bintang menjadi stabil selama jutaan tahun. Kompresi gravitasi lebih lanjut tidak akan terjadi hingga hidrogen hampir habis, dan bila hal tersebut terjadi tekanan panas dari reaksi fusi akan berkurang.[2] Pada akhir hayat Matahari, kompresi gravitasi akan mengubah Matahari menjadi katai putih.[3]

Di sisi lain, bintang yang sangat besar (yang menghabiskan bahan bakarnya dengan sangat cepat) akan mengalami supernova, dan setelah itu kompresi gravitasi lebih lanjut akan menghasilkan bintang neutron[4] atau lubang hitam.[5]

Untuk planet dan bulan, keseimbangan hidrostatik tercapai ketika kompresi gravitasi diseimbangkan oleh gradien tekanan di arah yang berlawanan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jupiter". Space Research Institute,Russian Academy of Sciences. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  2. ^ R.R. Britt (16 January 2001). "How a Star is Born: Clouds Lift on Missing Link". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2001-01-24. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  3. ^ "White Dwarf Stars". Astrophysics Science Division, NASA Goddard Space Flight Center. November 2006. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  4. ^ M. Coleman Miller. "Introduction to neutron stars". University of Maryland. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  5. ^ N. Strobel (June 2, 2007). "Black Holes". Nick Strobel's Astronomy Notes. Diakses tanggal 2009-11-05.