Kompleks Percetakan Al-Qur'an Raja Fahd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kompleks Percetakan Al-Qur'an Raja Fahd
مجمع الملك فهد لطباعة المصحف الشريف
Qurancomplex.png
Tanggal pembentukan1985
TujuanPercetakan Al-Qur'an
Kantor pusatMadinah
Lokasi
KoordinatKoordinat: 24°30′59″N 39°32′29″E / 24.51639°N 39.54139°E / 24.51639; 39.54139
Sekretaris jendral
Muhammad Salim Bin Shadid Al Oufy
Situs webhttp://www.qurancomplex.gov.sa/default.asp?l=ind
Tampak bagian dalam dari salah satu ruangan di Percetakan Al-Qur'an Raja Fahd

Kompleks Percetakan Al-Qur'an Raja Fahd (Arab: مجمع الملك فهد لطباعة المصحف الشريف Mujamma' al-Mālik Fahd lithibā'ati al-Mushaf asy-Syarīf‎) adalah pabrik percetakan Al-Qur'an yang terbesar di dunia[butuh rujukan], yang terletak di Madinah, Arab Saudi yang mencetak Al-Qur'an dan terjemahannya ke berbagai bahasa. Percetakan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Arab Saudi untuk membantu agama islam dan kaum muslim di seluruh dunia. Raja Fahd bin Abdul Aziz telah meletakkan batu pertama pembangunan komplek percetakan pada tahun 1403 Hijriah dan membuka secara resmi pada tahun 1405 Hijriah.

Percetakan ini telah memproduksi rata-rata 10 juta copy Al-Qur'an per tahunnya, dan mendistribusikannya ke seluruh benua, dan juga mencetak lebih dari 160 terjemah sejumlah 193 juta copy. Selain itu, juga terdapat studi dan penelitian yang berlanjut untuk membantu percetakan al-Qur'an dan al-Hadits dan terus menggunakan teknik percetakan yang paling modern. Setiap tahunnya komplek percetakan ini dikunjungi oleh 400 ribu pengunjung.[1] Sampai saat ini, komplek percetakan ini sudah mencetak 264 juta cetakan (al-Qur'an, terjemah, buku-buku islam dan sebagainya) sejak dibukanya percetakan ini.[2]

Pembangunan dan Pembukaan Komplek Percetakan[sunting | sunting sumber]

Semakin bertambahnya kebutuhan dunia islam atas al-Qur'an, terjemahnya ke berbagai bahasa yang dituturkan oleh muslim di berbagai dunia, dan merawat berbagai ilmu-ilmu al-Qur'an, juga membantu penyebaran al-Hadits dan sejarah nabi, pemerintah Arab Saudi memiliki peran utama dalam menyebarkan agama islam dan membantu kaum muslim. Pelayan Dua Tanah Suci Raja Fahd bin Abdul Aziz Alu Saud meletakkan batu pertama pembangunan komplek percetakan al-qur'an di kota Madinah pada tahun 1983 dan membukanya secara resmi pada tahun 1984.

Manajer senior[sunting | sunting sumber]

  • Syaikh Shalih bin Abdul Aziz bin Muhammad Alu Syaikh, Pembina Umum Komplek Percetakan al-Qur'an Raja Fahd di Madinah.
  • Syaikh Dr. Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh, Penasehat Presidensi Umum untuk Penelitian Ilmiah dan Fatwa, Wakil Pembina Umum Komplek Percetakan al-Qur'an Raja Fahd di Madinah.

Pembinaan Komplek Percetakan[sunting | sunting sumber]

Komplek Percetakan al-Qur'an Raja Fahd berada dibawah naungan Kementerian Urusan Islam, Wakaf, Dakwah dan Bimbingan Arab Saudi. Berikut ini beberapa divisi utama Komplek Percetakan:

  1. Badan tertinggi.
  2. Dewan Ilmiah.
  3. Komite Ilmiah untuk peninjauan.
  4. Komite Pengawasan untuk rekaman.
  5. Pusat Terjemah.
  6. Pusat Pelayanan Sunnah dan Sejarah Nabi.
  7. Pusat Studi al-Qur'an.
  8. Pusat Pelatihan dan Rehabilitasi Teknis.

Fasilitas lain[sunting | sunting sumber]

Pabrik-pabrik di percetakan ini mempunyai 12 alat cetak Ronald yang memunyai kecepatan cetak 10 ribu lembar perjam dalam semua warna. Mesin cetak film yang ada di sana mempunyai kecepatan cetak 60 ribu lembar per jam. Di dalam komplek penjilidan, ada 60 mesin dengan kecepatan kerja yang terkenal sangat cepat. Mesin-mesin ini diperlengkap dengan alat-alat elektronik yang bisa melihat kesalahan cetak. Untuk penanggulangan kesalahan, ada alat penjahit kertas untuk menempel dan menambah yang kurang.[3] Di bidang pengeditan, ada keistimewaan yang barangkali tidak didapat pada percetakan lain di dunia. Pertama, dikerjakan oleh lembaga khusus yang punya spesialisasi dalam bidang tajwid, qiraat, dan rasm dalam satu lembaga yang diberanggotakan ulama-ulama. Kedua, diedit bagian demi bagian dalam waktu dua menit saja. Terakhir, diteliti dengan jeli. Bahkan, cetakan dalam lembar besar ini dibawa ke sejumlah ulama besar untuk diteliti tiap hurufnya dengan kaca pembesar. Di bagian pengeditan, ada 600 tenaga pengedit. Rombongan pengunjung percetakan akan dipertunjukkan mana-mana saja yang salah, tetapi banyak yang tak bisa. Maka, petugaslah yang menunjukkan kesalahan. Percetakan ini berkerja untuk perkembangan Islam semata; bukan bisnis. Semua biaya ditanggung kerajaan.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "400 ألف زائر سنويا لـ«مجمع الملك فهد لطباعة المصحف الشريف»". www.aawsat.com. Diakses tanggal 2013-09-20. 
  2. ^ "مجمع الملك فهد لطباعة المصحف يوزع أكثر من 264 مليون منذ افتتاحه". www.al-madina.com. Diakses tanggal 2013-09-20. 
  3. ^ a b Barmin (2010). Tempat-Tempat Bersejarah di Tanah Haram. hal.39-41. Solo:Tiga Serangkai. ISBN 978-979-045-543-6.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]