Kompetisi Film Begadang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kompetisi Film Begadang (dalam bahasa Inggris: Begadang Filmmaking Competition) adalah sebuah kompetisi produksi film pendek tahunan, yang menjadi bagian dari rangkaian acara di dalam festival Minikino Film Week (MFW). Kompetisi ini menjadi salah satu acara tetap dalam rangkaian pra-festival di MFW sejak pertama diadakan pada tahun 2017. Begadang Filmmaking Competition berfokus pada kegiatan produksi film pendek Indonesia dengan waktu yang dibatasi.

Dalam waktu yang terbatas 34 jam, para peserta kompetisi ini ditantang untuk melakukan seluruh proses produksi; mulai dari membangun cerita, merancang adegan, syuting, merekam suara, kemudian proses editing dan finalisasi, selanjutnya termasuk untuk segera mengirimkan karya final mereka kepada panitia melalui layanan transfer digital. Mengejar kualitas hasil semaksimal mungkin.

Kompetisi dilakukan serentak oleh peserta dari kelompok produksi yang sudah mendaftarkan diri. Setiap tahun, pelaksanaan dilakukan selama dua hari, dimulai pada hari pertama jam 8 pagi waktu Indonesia tengah, hingga batas akhir jam 6 sore hari berikutnya. Sebelum batas waktu berakhir, peserta harus menyelesaikan film pendeknya dan mengirimkan ke meja penyelenggara melalui layanan transfer online.

Kompetisi ini diadakan pertama kali dengan tujuan mendorong pada para pembuat film pendek Indonesia untuk mengeksplorasi dan bereksperimen dengan kreatifitas mereka seluas-luasnya. Dengan batasan waktu yang ketat, berbagai spontanitas dalam produksi dirangsang untuk muncul secara unik dan orisinil. Hasilnya, setiap tahun, Kompetisi Film Begadang selalu melahirkan kisah-kisah yang unik dan menarik dari balik layar masing-masing pesertanya.

Seiring waktu, kompetisi ini berkembang dan semakin banyak dibicarakan oleh para pembuat film pendek Indonesia, terutama setelah beberapa karya yang keluar dari kompetisi ini, ikut dipertimbangkan dalam beberapa festival film lain di Indonesia, termasuk Festival Film Indonesia.

PEMENANG KOMPETISI[sunting | sunting sumber]

  • Begadang 2022 Grand Prize Winner: CHICKEN AWAKEN (Produksi Nol Derajat Film / Malang, Jawa Timur / 2022 / Fiction / 05:27
  • Begadang 2021 Grand Prize Winner: PRO CAST (sutradara: Immanuel Kurniawan, Victoria Film / Malang, Jawa Timur / 2021 / 05:05)
  • Begadang 2020 Grand Prize Winner: Hai Guys Balik Lagi sama Gue, Tuhan! (Winner Wijaya / Hore Besok Libur! / Tangerang / 2020 / 04:30
  • Begadang 2019 Grand Prize Winner: PENDEKAR TAFSIR MIMPI (Small Time Pictures / Yogyakarta / durasi 4 menit 34 detik)
  • Begadang 2018 Grand Prize Winner: TAKSA (Produksi Kecil / Prasetyo Wibowo S. / Denpasar, Bali / 5:20).
  • Begadang 2017 Grand Prize Winner: ALMARI (Tim produksi, Guru /Banjarmasin/ Kalimantan Selatan/ 2 menit).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]