Komisi Energi Atom Pakistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komisi Energi Atom Pakistan
Pakistan Atomic Energy commission (PAEC)
ادارہ جوہری توانائی پاکستان
Informasi lembaga
DibentukMaret 1956
Lembaga pengganti
Wilayah hukumPemerintah Pakistan
Kantor pusatIslamabad, Wilayah Ibukota Islamabad
Pejabat eksekutif
Situs webwww.paec.gov.pk
Catatan kaki
Cat.: PAEC adalah agensi otonomi yang bebas dari yuridiksi kementerian Pakistan apapun. PAEC bertanggungjawab langsung kepada Perdana Menteri Pakistan.

Komisi Energi Atom Pakistan (bahasa Inggris: Pakistan Atomic Energy Commission; bahasa Urdu: ادارہ جوہری توانائی پاکستان; lebih terkenal sebagai PAEC), adalah institusi penelitian ilmiah independen, yang mengurusi penelitian dan pengembangan tenaga nuklir, penyebaran infromasi tentang ilmu nuklir, penghematan energi, dan penggunaan teknologi nuklir untuk perdamaian.[1][2]

Sejak pendiriannya pada tahun 1956, PAEC telah mengawasi pengembangan infrastruktur nuklir untuk menopang perkembangan ekonomi Pakistan, dengan cara mendirikan institusi-institusi yang fokus kepada pengembangan Iradiasi makanan dan terapi radiasi untuk mengobati kanker.[3][4]

PAEC menyelenggarakan konferensi-konferensi dan penelitian langsung pada universitas-universitas terkemuka Pakistan.[5] Sejak tahun 1960-an, PAEC juga berlaku sebagai mitra penelitian ilmiah dan sponsor dari CERN, di mana ilmuwan-ilmuwan Pakistan telah membantu dalam pengembangan pemercepat partikel dan penelitian tentang fisika partikel.[6] Ilmuwan-ilmuwan PAEC sering mengunjungi CERN saat mengambil bagian dalam proyek-proyek yang dipimpin CERN.[7]

Pada tahun 2001, PAEC diintegrasikan dengan Otoritas Komando Nasional, yang berada langsung di bawah Perdana Menteri Nawaz Sharif.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tahir, Abdul Ghaffar. "IAEA presentation on nuclear power by PAEC" (PDF). IAEA publications, PAEC direct. Diakses tanggal 4 November 2014. 
  2. ^ ASO. "Nuclear Power in Pakistan". Australian Safeguards Office. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-15. Diakses tanggal 4 November 2014. 
  3. ^ staff. "Biomedical engineering at PAEC". PAEC Medical DIvision. Diakses tanggal 4 November 2014. 
  4. ^ et. al. staff developer. "Agriculture and Biotechnology". PAEC BIO Division. Diakses tanggal 4 November 2014. 
  5. ^ "PAEC and Summer College on Physics". International Nathiagali Summer College. Pakistan Atomic Energy Commission. 
  6. ^ Ahmad, DSc, Ishfaq (October 5, 2003). "CERN and Pakistan: a personal perspective". Switzerland: CERN Courier. Diakses tanggal 4 November 2014. 
  7. ^ Editorial (September 30, 2014). "Pakistan and CERN". Express Tribune, 2014. Express Tribune. Diakses tanggal 4 November 2014. 
  8. ^ ISPR release (September 5, 2013). "National Command Authority". Director-General of the Inter-Services Public Relations (ISPR). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-04. Diakses tanggal 4 November 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]