Komisar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komisaris politik Rusia mengenakan jaket kulit di acara Parade militer Nazi-Soviet di Brest-Litovsk.

Komisar (kadang disingkat komis) dalam bahasa Inggris dinamakan commissar atau kadang ditulis kommissar yang merupakan terjemahan dari kata dalam bahasa Rusia yaitu комиссáр yang berarti komisaris. Dalam bahasa Inggris, kata "commissar" merujuk secara khusus kepada komisaris politik pasukan Soviet dan Blok Timur, sedangkan perwira administrasif disebut "commissary" (komisaris).

Kata комисса́р dalam bahasa Rusia berarti pejabat politik dan administrasi. Komisar telah digunakan di Uni Soviet dan Rusia sejak zaman Peter Agung.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Komisar digunakan selama Pemerintahan Sementara Rusia (Maret – Juli 1917) untuk para kepala administrasi daerah, tetapi istilah komisar kemudian dikaitkan dengan sejumlah organisasi Cheka dan fungsi militer di Bolshevik serta pasukan militer pemerintah Soviet selama Perang Saudara Rusia (Tentara Putih banyak menggunakan istilah kolektif "Bolshevik dan Komisar" untuk lawan-lawan politik mereka). Setelah itu muncul istilah "Komisariat Rakyat" untuk para menteri di pemerintahan dan komisaris politik di kemiliteran.

Referensi[sunting | sunting sumber]