Koiratadas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Koiratadas (Bahasa Yunani: Κοιρατάδας) merupakan seorang Thiva yang memerintah beberapa pasukan Boiotia di bawah Klearkhos, harmost Sparta di Byzantium, ketika kota itu dikepung oleh orang-orang Athena pada tahun 408 SM. Dia adalah seorang jenderal dalam Perang Peloponnesos dan melarikan diri "sensasional" dari Athena sebagai tawanan perang.[1]

Ketika Klearkhos menyeberang ke Asia untuk mendapatkan uang dari Farnabazos, dan untuk mengumpulkan pasukan, ia meninggalkan komando garnisun ke Helixus, Megara, dan Koiratadas, yang, segera setelah itu, dipaksa untuk menyerahkan diri sebagai tahanan ketika pihak-pihak tertentu dalam kota membuka gerbang untuk Alkibiades. Mereka dikirim ke Athena, tetapi selama pengembaraan di Piraeus, Koiratadas berhasil melarikan diri ke kerumunan, dan berjalan dengan selamat ke Dekelia.

Pada tahun 400 SM, ketika Sepuluh Ribu Yunani tiba di Byzantium, Koiratadas, yang mencari pekerjaan sebagai jenderal, menang pada mereka untuk memilih dia sebagai komandan mereka, menjanjikan untuk memimpin mereka ke Trakia pada ekspedisi yang menguntungkan dan untuk memasok mereka dengan persediaan yang banyak. Namun, hampir segera ditemukan bahwa dia tidak memiliki sarana untuk mendukung mereka bahkan untuk satu hari, dan karenanya dia berkewajiban untuk melepaskan perintahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikSmith, William, ed. (1870). "Coeratadas". Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology. 

Sumber[sunting | sunting sumber]