Farnabazos II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baaltars di atas takhta (depan) dan kepala Ares (belakang), di syikal ganda Farnabazos (380-375 SM).
Stater perak Farnabazos sebagai Satrap Frigia (379-374 SM). British Museum.

Farnabazos II merupakan seorang prajurit dan negarawan asal Persia. Dia adalah putra Farnakes II dari Frigia dan cucu Farnabazos I dari Frigia, dan cicit Artabazus. Dia dan nenek moyangnya telah mengatur satrapy Frigia di Hellespont dari markas besarnya di Dascylium sejak tahun 478 SM. Ia menikahi Apama, putri Artahsasta II dari Persia, dan putra mereka Artabazos adalah satrap Frigia.

Menurut penelitian oleh Theodor Nöldeke, dia berasal dari Otanes, salah satu rekan Darius dalam pembunuhan Bardiya.

Farnabazos II pertama kali tercatat sebagai satrap provinsi ini pada tahun 413 SM, ketika, setelah menerima perintah dari Darius II dari Persia untuk mengirimkan upeti yang luar biasa dari kota-kota Yunani di pantai Ionia, dia, seperti Tissaphernes dari Karia, bernegosiasi dengan Sparta dan memulai perang dengan Athena. Pertarungan sangat terhambat oleh persaingan antara dua satrap, yang di antaranya Farnabazos jauh lebih energik dan tegak. Meskipun awalnya Farnabazos bertempur dengan orang-orang Sparta melawan orang-orang Athena selama perang Peloponnesos, dia akhirnya berkonflik dengan raja Sparta, Agesilaos [1] dan melanjutkan untuk membantu orang-orang Athena melawan Sparta dalam Perang Korintus. Selama periode ini, Farnabazos terkenal karena komando armada Akhemeniyah pada Pertempuran Knidus di mana orang-orang Persia, yang bersekutu dengan mantan laksamana Athena dan kemudian menugaskan laksamana Persia, Conon, memusnahkan armada Sparta, mengakhiri status singkat mereka sebagai yang dominan.[2] Farnabazos menindaklanjuti kemenangan ini dengan menangkap beberapa kota bersekutu Sparta di Ionia. Abydus dan Sestus adalah satu-satunya kota yang menolak mengusir Lakedaimonia meskipun ancaman dari Farnabazos untuk berperang melawan mereka. Dia berusaha memaksa mereka tunduk dengan merusak wilayah sekitarnya, tapi ini terbukti sia-sia, menyebabkan dia meninggalkan Conon yang bertanggung jawab untuk memenangkan kota-kota di Hellespont. Dari sana, Farnabazos berlayar dengan armadanya ke Melos dan mendirikan sebuah pangkalan di sana. Dia melanjutkan untuk membalas dendam pada orang-orang Sparta dengan menyerang Lakedaimonia dia merasa terbuang di Ferai dan terus menjarah sepanjang pantai namun akhirnya ditinggalkan karena sumber daya yang langka dan beberapa pelabuhan untuk armada di daerah tersebut serta kemungkinan pembekalan Lakedaimonia yang menjulang. Dia kemudian mengepung dan merebut Kythera, melanjutkan untuk menempatkan gubernur Athena dan sebuah garnisun untuk melumpuhkan kemampuan militer ofensif Sparta. Dia juga memberikan dana saingan Sparta untuk lebih mengancam Lakedaimonia. Setelah diyakinkan oleh Conon bahwa membiarkan dia membangun kembali tembok di sekitar Piraeus akan menjadi pukulan besar bagi kaum Lakedaimonia, Farnabazos dengan penuh semangat memberi Conon sebuah armada dan dana tambahan untuk menyelesaikan tugas ini. Sebagai hadiah atas keberhasilannya, Farnabazos diizinkan menikahi putri raja. Dia kemudian ditugaskan untuk membantu komando ekspedisi militer ke Mesir, yang telah membuktikan kemampuannya melawan Sparta.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Xenophon Hellenica, 4.1
  2. ^ Xenophon Hellenica, 4.3
  3. ^ Xenophon Hellenica, 4.8
  4. ^ Ruzicka, Stephen (2012). Trouble in the West: Egypt and the Persian Empire, 525-332 BC. New York, NY: Oxford University Press. hlm. 55–62. ISBN 978-0-19-976662-8.