Koesoemadigda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koesoemadigda
Warga negara Indonesia
PekerjaanPenulis


Koesoemadigda seorang penulis novel Gawaning Wewatekan.[1] Koesoemadigda merupakan orang asli Jawa. Seorang priyayi yang peduli pada masyarakat Jawa.

Koesoemadigda adalah kaum priyayi modern yang mendapatkan keberuntungan bisa bersekolah dengan sistem pendidikan model Barat. setelah bersekolah menjadi pegawai di zaman pemerintahan kolonial Belanda. Hal ini yang mempengaruhi gaya penulisan novelnya. Terbitnya novel karya Koesoemadigda menjadikan dia sosok intelektual modern Barat yang peduli pada masyarakat Jawa.

Novel Gawaning Wawetekan terbitan Balai Pustaka tahun 1929 dinilai positif oleh pembaca.Menurut Koesoemadigda, novel tersebut merupakan upaya memberikan semangat dan membuka wawasan pribumi terhadap sistem manajemen usaha sesuai dengan tradisi kapitalis barat, misalnya saja sebuah perusahaan harus diawasi dan menggunakan sistem saham. Keinginan Koesoemadigda untuk mengubah pandangan orang Jawa pada umumnya yang berorientasi pada derajat dan status sosial di masyarakat. Padahal profesi nonpriyayi tidaklah dianggap rendahan daripada mereka yang berstatus priyayi. Hidup di zaman yang baiknya meninggalkan budaya tradisi dan mengikuti perkembangan zaman modern. Sikap tegas Koesoemadigda sebagai pegawai pemerintah kolonial Belanda dan memilih melanjutkan hidupnya dengan berwirausaha. Karya Koesoemadigda dikutip dalam Ensiklopedi Sastra Jawa[2] yang sedikit menjelaskan perjalanan novel Gawaning Wewatekan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gawaning Wewatekan. Jakarta: Balai Pustaka. 1929. 
  2. ^ Prabowo, Dhanu Priyo; Rahayu (2010). Ensiklopedi Sastra Jawa. Yogyakarta: Balai Bahasa. ISBN 9791852359, 9789791852357 Periksa nilai: invalid character |isbn= (bantuan).